VIDEO: Pesan Gubernur Jatim Saat Peringati Hari Santri Nasional 2019

Oleh Agustina Melani pada 24 Okt 2019, 14:00 WIB
Diperbarui 24 Okt 2019, 14:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Memperingati Hari Santri Nasional pada 22 Oktober, Forkopimda Jawa Timur menggelar apel pasukan di Lapangan Polda Jatim, dengan mengambil tema Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengimbau kepada seluruh pondok pesantren agar mengadakan sholat istisqo bersama untuk musim kemarau yang panjang. Berikut kita simak videonya pada Fokus, (23/10/2019).

Peringatan Hari Santri Nasional yang jatuh pada 22 Oktober ini dilaksanakan dengan upacara yang diikuti Forkopimda Jawa Timur, di Lapangan Polda Jatim, Selasa pagi. Selain dihadiri Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, dan Forkopimda lainnya, turut hadir sejumlah kyai dan ribuan santri dari berbagai pondok pesantren di Jawa Timur.

Sesuai tema, Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia, ribuan santri ini mengucapkan janji bersama untuk meningkatkan ilmu agama, kebangsaan, menjalin persatuan dan menjaga kerukunan antar umat beragama.

Selanjutnya, seluruh peserta upacara menyanyikan lagu mars Hizbul Wathan, disusul kemudian melantunkan lagu Padamu Negeri secara khidmat.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengimbau para santri di seluruh pondok pesantren di Indonesia, khususnya Jawa Timur untuk menggelar sholat istisqo memohon kepada Allah swt untuk diturunkan hujan.

Imbauan ini merupakan upaya munajat kepada Allah swt untuk mengakhiri bencana kekeringan, puting beliung, dan kebakaran hutan, akibat kemarau yang panjang. Selain itu, para santri diharapkan terus meningkatkan ilmu agama, rasa kebangsaan, dan menjaga persatuan serta kesatuan untuk perdamaian Indonesia hingga dunia.