Sukses

Mahasiswa Unair Bikin Aplikasi Permudah Peneliti Cari Bahan Penelitian

Dia adalah Chairunisa Firdaus, mahasiswa Biologi FST UNAIR angkatan 2016 dan bersama rekan-rekannya merintis aplikasi yang dinamai "Biozfer".

Liputan6.com, Surabaya - Berawal dari keresahan akan susahnya mencari alat dan bahan penelitian, mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga (Unair) berhasil menelurkan ide kreatif.

Dia adalah Chairunisa Firdaus, mahasiswa Biologi FST Universitas Airlangga angkatan 2016 dan bersama rekan-rekannya merintis aplikasi yang dinamai "Biozfer".

Biozfer merupakan sebuah aplikasi smartphone yang berisi marketplace alat bahan penelitian dan media kreatif bidang sains di Indonesia. Aplikasi itu diciptakan karena belum ada merek media kreatif yang membahas berbagai perkembangan sains di Indonesia sesuai dengan minat generasi milenial saat ini. Tujuan dibangunnya Biozfer adalah untuk turut berkontribusi dalam memajukan dunia sains Indonesia agar lebih dinamis. 

"Ide membuat aplikasi tersebut datang ketika saya secara tidak sengaja membantu kakak tingkat teman saya di universitas lain untuk mendapatkan isolat mikroba. Hal tersebut membuat saya berpikir bagaimana supaya pencarian alat dan bahan penelitian lebih mudah dan efisien," ujar Chairunisa, Rabu (23/10/2019). 

Keunggulan Biozfer adalah sebagai marketplace yang khusus menyediakan alat dan bahan penelitian, mulai dari tabung reaksi hingga isolat mikroba.

Biozfer menjadi apps yang terpercaya, karena mencantumkan spesifikasi yang jelas tentang alat yang dijual dan laboratorium terpercaya yang dapat menyediakan bahan penelitian.

Selain itu, Biozfer memiliki konten media kreatif yang juga bekerja sama dengan influencer maupun tokoh di bidang sains dalam pembuatannya. Contohnya adalah B-Caster (podcast) yang telah bekerja sama dengan dosen muda, peneliti, dan mahasiswa yang berbagi pengalamannya dalam mencapai berbagai prestasi nasional-internasional.

"Dengan adanya Biozfer semoga dapat mempermudah para pegiat sains di Indonesia dalam mencari alat dan bahan penelitian. Selain itu, Biozfer menyediakan layanan meliputi B-Talk (video), B-Caster (podcast), dan B-Magz (Artikel) yang dapat diakses melalui aplikasi," tambahnya.

 

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memudahkan Mahasiswa hingga Pegiat Sains

Hadirnya Biozfer diyakini mampu mempermudah mahasiswa, dosen, dan pegiat sains di Indonesia dalam proses penelitiannya. Manfaat lain, yakni mudahnya akses pada aplikasi Biozfer dan didukung tampilan antar muka yang tidak membosankan.

Ke depan, Biozfer meluncurkan apps versi kedua yang telah dilengkapi marketplace dengan mitra berbagai toko dan laboratorium penelitian sains. Hal tersebut akan memudahkan pencari dalam mendapatkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk penelitian.

Chairunisa menuturkan, biozfer dalam perintisannya berhasil mendapatkan pendanaan melalui kegiatan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) 2018 oleh PPKK UNAIR dan juga Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) 2019 oleh Risetdikti.

Melalui lomba tersebut, biozfer akhirnya dapat melakukan kegiatan lainnya seperti launching apps versi pertama yang telah diunggah melaui Google Playstore pada 2 September 2019.

Selain itu juga melakukan marketing online dan offline, branding serta meluaskan jaringan ke skala yang lebih luas lagi seperti kegiatan International Invention and Innovation Competition di Selangor, Malaysia pada November 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.