VIDEO:Penggilingan Tebu Tradisional di Tulungagung Terbakar

VIDEO:Penggilingan Tebu Tradisional di Tulungagung Terbakar

Musibah kebakaran menghanguskan pabrik gula tradisional di Tulungagung, Jawa Timur. Seluruh bangunan beserta alat produksi, dan berton-ton gula siap jual tidak dapat diselamatkan. Banyaknya tumpukan sepah tebu, membuat api sulit dipadamkan.

Tempat penggilingan tebu tradisional milik Suparman di Desa Tenggur, Kecamatan Rejotangan, Tulungagung, terbakar pada Senin dini hari. Banyaknya tumpukan sepah tebu kering di lokasi, membuat api dengan cepat membesar. Dua bangunan tempat produksi beserta seluruh isinya, ludes dilalap si jago merah.

Kebakaran diketahui oleh pemilik pabrik, saat api sudah membesar. Tiga unit truk pemadam serta dua unit truk tangki penyuplai air, milik PMK Pemkab Tulungagung, dikerahkan ke lokasi kebakaran.

Banyaknya tumpukan sepah tebu kering dan sekam, membuat proses pemadaman berlangsung lama. Hingga lebih dari 5 jam, api masih belum sepenuhnya dapat dipadamkan. personel PMK diterjunkan untuk melakukan pemadaman. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Menurut keterangan pemilik pabrik, kerugian akibat kebakaran mencapai hampir Rp 400 juta. 2 unit mesin giling, 2 genset, 4 ton gula siap jual, serta puluhan ton tebu tidak dapat diselamatkan. Sementara itu, penyebab kebakaran masih belum diketahui, dan dalam penyelidikan aparat kepolisian setempat. Demikian diberitakan Fokus, 22 Oktober 2019.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 24 October 2019, 09:00 WIB

Video Terkait

Spotlights