VIDEO: Sisa Api Belum Padam, Picu Kebakaran Lahan Kosong di Rungkut Surabaya

Oleh Agustina Melani pada 19 Okt 2019, 22:49 WIB

Diperbarui 19 Okt 2019, 22:49 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran terjadi di lahan kosong di kawasan Rungkut Asri Surabaya. Dua bangunan semi permanen, berupa warung, yang juga sebagai tempat tinggal turut terbakar.

Tiupan angin juga membuat api menyambar salah satu kios. Diduga kebakaran terjadi karena ada yang sengaja membakar tumpukan kayu dan sampah.

Kebakaran di lahan kosong Jalan Rungkut Asri Surabaya ini, terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Api begitu cepat menyebar dan membakar dua bangunan semi permanen di sebelahnya, yang dibuat sebagai tempat tinggal dan warung kopi.

Tiupan angin, juga membuat kebakaran  merambat ke salah satu kios pasar dadakan. Berikut video liputannya pada Fokus, 18 Oktober 2019.

Api diketahui pertama kali oleh saksi mata Harianto, seorang sopir angkot, yang saat itu melihat kepulan asap dari tumpukan kayu bekas. Saksi kemudian melapor ke Pos Polisi terdekat, dan ditindak lanjuti petugas Pemadam Kebakaran.

Kebakaran di sekitar lokasi kejadian sudah tiga kali terjadi. Diduga karena ada orang yang sengaja membakar tumpukan kayu dan sampah.

Petugas Pemadam Kebakaran harus mengerahkan mobil bronto skylift untuk memadamkan api dengan cara menyemprot dari atas. Api baru dapat dijinakkan setelah 4 jam kemudian.