5 Wisata Kuliner di Gresik yang Menggugah Selera

Oleh Dyah Mulyaningtyas pada 18 Okt 2019, 13:50 WIB
otak-otak

Liputan6.com, Jakarta Indonesian memiliki beragam kuliner yang menggugah selera. Setiap daerah di nusantara memiliki kuliner khasnya masing-masing. Bahkan tak jarang masakan khas daerah ini menjadi buruan para pecinta kuliner.

Salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki beragam kuliner yang nikmat adalah provinsi Jawa Timur. Cita rasa kuliner di provinsi ini sudah sangat terkenal di kalangan pecinta kuliner. Setiap daerah di Jawa Timur memiliki kuliner yang kelezatannya tiada duanya seperti daerah yang satu ini, Gresik.

Kabupaten Gresik, selain dikenal dengan julukan Kota Santri juga terkenal akan kuliner, oleh-oleh, dan wisatanya yang khas. Jika kamu berkunjung ke Gresik, jangan lupa untuk mencoba beberapa masakan khas daerah ini. Racikan resep yang terkenal lezat akan memanjakan lidahmu dan membuat ketagihan.

Tampilan dari beberapa kuliner Gresik ini memang terlihat cukup sederhana. Namun, kelezatan cita rasa yang ditawarkan tidak usah diragukan lagi. Wisata kuliner di Gresik ini sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata kuliner bersama keluarga maupun teman-teman terdekat. Berikut beberapa Kuliner menggugah selera di Gresik yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (18/10/2019).

2 of 6

1. Otak-otak Bandeng

Otak-otak Bandeng
Otak-otak Bandeng

Seperti namanya, Otak-otang Bandeng adalah makanan khas Gresik yang terbuat dari ikan bandeng. Ikan ini diolah dengan memisahkan daging dan kulitnya, kemudian dihaluskan.

Setelah halus, daging bandeng diberi bumbu racikan khas Gresik serta dimasukkan lagi ke dalam badan ikan. Setelah itu ikan bandeng dikukus sampai matang.

Otak-otak Bandeng merupakan salah satu kuliner favorit di Gresik. Jadi jika kamu berwisata ke daerah tersebut, wajib untuk mencoba kuliner yang satu ini.

3 of 6

2. Nasi Krawu

Nasi krawu Gresik
Nasi krawu Gresik

Nasi krawu merupakan salah satu kuliner yang sangat populer di kalangan masyarakat Gresik. Disajikan beralaskan daun pisang membuat semakin nikmat saat menyantap masakan yang satu ini.

Nasi pulen yang masih hangat disajikan bersama dengan semur daging, irisan daging sapi, jeroan sapi dan sambal terasi, merupakan perpaduan yang komplet. Tampilan kuliner ini memang sederhana tapi rasa dan aromanya sangat menggoda untuk dicicipi.

4 of 6

3. Bakso Giman GKB

Bakso Giman GKB
Bakso Giman GKB (Sumber: shutterstock.com)

Bakso giman GKB disebut-sebut sebagai bakso yang paling enak di kota Gresik. Kelezatan bakso yang satu ini sungguh menggoyang lidah. Dipadukan dengan kaldu yang terbuat dari daging menambah kelezatan sajian kuliner ini. Tak heran jika membuat penikmat kuliner menjadi ketagihan, bahkan rela mengantri demi mendapatkan semangkuk bakso GKB.

Jika kamu penasaran dengan kelezatan bakso ini, Kamu bisa menemukannya tidak jauh dari pusat kota Gresik. Tepatnya di Jalan Jawa, Yosowilangun, Manyar, Kabupaten Gresik.

5 of 6

4. Sego Rumo

Dilihat dari penampilannya, sego rumo sepintas mirip dengan bubur sumsum yang berwarna oranye. Namun, yang berwarna oranye pada sego rumo itu merupakan kuah kental yang rasanya gurih dan sedap. Penyajian sego rumo sangat unik, nasi putih disuguhkan dengan pincuk daun pisang dicampur dengan daun singkong, rempeyek atau kerupuk.

Kemudian diatasnya disiram kuah kental dan ditambah dengan taburan serundeng. Rasanya, tetu saja sangat lezat. Jika kamu berkunjung ke Gresik, kamu akan sangat mudah menemukan kuliner yang satu ini, karena banyak penjual di pinggir jalan yang menjajakan sego rumo. Selain itu juga dapat ditemui di pasar-pasar tradisional yang berada di kota Gresik.

6 of 6

5. Bonggolan

Bonggolan merupakan makanan khas gresik yang dibungkus dengan daun pisang. Hal ini menjadikannya terlihat unik, sehingga banyak orang yang penasaran dan ingin mencicipinya. Bahan dasar bonggolan ini yaitu daging ikan yang bisa menggunakan beragam jenis ikan.

Daging ikan tersebut kemudian dibalut menggunakan adonan tepung kanji yang sudah diberi bumbu terlebih dahulu. Bumbunya cukup sederhana yaitu bawang putih, garam, merica dan ada pula yang ditambah dengan penyedap rasa. Meskipun bumbunya cukup sederhana namun cita rasa yang ditawarkan sangat enak.

Lanjutkan Membaca ↓