Sukses

Hindari Macet di Surabaya Melalui 3 Aplikasi Ini

Dishub Surabaya menyediakan aplikasi yang membuat warga dapat mengetahui kondisi lalu lintas secara real time. Terdapat pula aplikasi untuk melihat posisi Suroboyo Bus.

Liputan6.com, Jakarta - Surabaya, Jawa Timur termasuk kota metropolitan di Indonesia. Tingginya jumlah penduduk dan kendaraan juga mempengaruhi kondisi lalu lintas. Tak jarang, beberapa jalan di Surabaya mengalami sendatan atau macet.

Kini sejumlah inovasi dari Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya yang membantu warga untuk menghindari kemacetan. Salah satu inovasinya adalah dengan meluncurkan berbagai aplikasi. 

Dishub menyediakan aplikasi yang membuat warga dapat mengetahui kondisi lalu lintas. Tak hanya itu, bagi yang suka menggunakan Suroboyo Bus, terdapat aplikasi yang membantu pengguna untuk melihat posisi bus.

Berikut tiga aplikasi yang Dishub Surabaya sediakan untuk memudahkan perjalanan warga setempat: 

1. Transportasiku

Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya menyediakan aplikasi yang membantu masyarakat dalam mengakses informasi seputar lalu lintas. Aplikasi tersebut bernama Transportasiku.

Transportasiku adalah aplikasi yang menyediakan informasi lengkap tentang transportasi dan lalu lintas di Surabaya. Transportasi ini juga terhubung dengan aplikasi-aplikasi lain seperti Gobis dan SITS CCTV Surabaya

Ada berbagai layanan yang bisa digunakan oleh pengguna aplikasi. Dari aplikasi ini pengguna dapat memantau lokasi Suroboyo Bus. Selain itu, melalui aplikasi ini pengguna dapat melihat lahan parkir hingga jalur untuk sepeda. 

Dengan aplikasi "Transportasiku" warga akan lebih mudah dalam merencanakan perjalanan. Notifikasi akan selalu mengupdate informasi terkait lalu lintas seperti penutupan jalan atau kepadatan jalan.

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

SITS CCTV

2. SITS CCTV 

Beberapa titik di Kota Surabaya telah dilengkapi dengan Closed Circuit Television (CCTV) atau kamera pengawas. Terkait hal tersebut, Dishub Surabaya menyediakan aplikasi SITS CCTV. 

SITS CCTV adalah aplikasi yang menyediakan pantauan kondisi lalu lintas yang terpasang CCTV secara real time. Aplikasi ini mudah digunakan. Pengguna cukup untuk membuka aplikasi dan memilih titik mana yang ingin dilihat. 

Aplikasi ini dapat membantu pengguna yang hendak melakukan perjalanan. Pengguna dapat melihat langsung kondisi jalan yang ingin dilalui, apakah sedang lancar atau tersendat.

Pengguna dapat mengunduh aplikasi SITS CCTV secara gratis. Aplikasi ini hanya bisa diunduh di Playstore.

3. Gobis 

Dinas Perhubungan Surabaya juga menyediakan aplikasi Gobis untuk warga Surabaya. Aplikasi ini dikhususkan untuk memantau pergerakan Suroboyo Bus secara real time.

Melalui aplikasi ini, banyak informasi yang dapat pengguna peroleh. Gobis menyediakan fitur “Menunggu di halte”. Fitur ini memudahkan crew Suroboyo Bus untuk mengetahui jumlah penumpang yang sedang menunggu halte terdekat.

Tak hanya itu aplikasi Gobis juga memiliki fitur tracking. Fitur ini membuat calon penumpang agar dapat memprediksi jarak tempuh dari Suroboyo Bus ke halte. Penumpang dapat melihat posisi bus secara real time.  

Kini aplikasi ini tak hanya dapat diunduh di Android. Sejak Maret 2019, aplikasi Gobis tersedia juga untuk IOS.

(Kezia Priscilla - Mahasiswi UMN) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini