6 Warung Makan Surabaya, Cocok Bikin Perut Kenyang

Oleh Liputan Enam pada 17 Okt 2019, 08:00 WIB
Ayam penyet

Liputan6.com, Jakarta - Butuh banyak waktu untuk mencicipi semua kuliner yang ada di Surabaya, Jawa Timur. Kota Pahlawan ini memang menyimpan banyak hidangan lezat yang sayang bila dilewatkan.

Untuk menjelajahi kuliner yang ada di Surabaya, wisatawan tak perlu khawatir dengan biaya. Di Surabaya masih terdapat warung-warung yang menjual hidangannya dengan harga murah.

Walau murah, masakan di warung ini tetap patut dicoba. Warung-warung ini bahkan sudah terkenal, baik di kalangan warga lokal atau pendatang. 

Bila bingung harus kemana, berikut enam warung makan di Surabaya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber dan Food Report Surabaya by Surabaya Food Patrol:

1. Warung Dangdut Jagir 

Bagi pencinta penyetan, di daerah Jagir Surabaya terdapat warung yang bisa dicoba. Warung Dangdut Jagir terletak di Jalan Jagir Wonokromo Nomor 260, Surabaya. 

Harga yang ditawarkan di warung ini cukup terjangkau. Dengan Rp 13.000, pengunjung sudah bisa menikmati nasi ditemani ayam goreng, tahu, tempel dan sambel. Untuk harga minumannya sendiri berkisar Rp 5.000.

Warung ini buka mulai pukul 17:00 – 02:00. Untuk itu, Warung Dangdut Jagir dapat dijadikan tujuan tempat makan kala dini hari.   

2. Warung Sejedewe

Warung penyetan lain yang bisa dicoba di Kota Pahlawan adalah Warung Sejedewe. Warung ini berlokasi di Jalan tenggilis Mejoyo Utara (depan SMPN 17 Surabaya).

Di sini, pengunjung dapat menikmati berbagai pilihan lauk yang dapat dicicipi. Menu spesial di warung ini adalah bebek goreng dan ikan bakarnya.

Untuk harga bebek jumbonya, pengunjung perlu membayar Rp 20.000. Sedangkan untuk tempe penyet dan terong penyet hanya seharga Rp 3.000. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 16:00 – 00:00.

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 of 4

Warung Nasi Cumi

wisata kuliner surabaya
Nasi Cumi Waspada (sumber: tripadvisor)

3. Warung Nasi Cumi-Cumi

Berlokasi di Jalan Waspada Nomor 28 Surabaya, warung ini dikenal juga dengan sebutan Nasi Cumi Waspada. Lokasinya tak jauh dari belakang Pasar Atom, Surabaya. 

Di sini terdapat empat variasi nasi cumi yang ditawarkan, yaitu: nasi biasa (nasi, cumi, peyek udang), nasi campur (nasi, cumi, empal, telur, peyek udang), nasi komplet (nasi, cumi, mi goreng, usus, paru, babat, peyek udang), dan nasi rawon cumi (rawon, empal, cumi). 

Warung yang dikenal juga dengan Nasi Cumi Pasar Atom ini tidak membuka cabang di mana pun. Harga menu di sana berkisar Rp 25.000. Uniknya, di sini pesanan akan dihidangkan di atas piring bermotif lucu misalnya gambar hello kitty berwarna merah muda.

4. Warung Pojok “Moro Seneng”

Pecel adalah salah satu kuliner yang banyak ditemukan di Kota Pahlawan. Hidangan yang terdiri dari sayuran rebus dan saus kacang itu salah satunya dapat dicicipi di Warung Pojok "Moro Seneng". 

Berbeda dengan pecel pada umumnya, warung ini menghidangkan pecel yang dicampur dengan rawon. Nasi pecel di sini disiram dengan kuah rawon. Bumbu kacang khas pecel tercampur dengan hangatnya kuah rawon. Rasa semakin kaya dari gurihnya daging.

Bila ingin merasakan sensasi rasanya, kunjungi warung ini yang berlokasi di Jalan Pucang Anom Nomor 5. Warung Pojok “Moro Seneng” buka mulai pukul 21:00 – 04:00. 

 

 

3 of 4

Warung Sedap Malam Kalkulator

resep rawon
ilustrasi rawon/copyright Shutterstock

5. Warung Sedap Malam Kalkulator

Salah satu hidangan rawon yang terkenal di Surabaya datang dari Warung Sedap Malam Kalkulator. Warung ini berlokasi di Jalan Taman Bungkul, Surabaya.

Di sini pengunjung dapat menikmati macam-macam lauk pauk yang bisa disandingkan dengan rawon yang dipesan. Berbagai lauk pauk itu seperti perkedel, tempe goreng, telur asin, atau paru goreng.

Warung ini mulai berjualan pukul 10:00 hingga 03:00. Julukan “Kalkulator” warung ini datang dari petugas kasir yang dapat menghitung harga makanan dengan cepat. 

6. Warung Khas Banjar Acil 

Untuk menikmati hidangan khas Banjar, warga Surabaya tak perlu jauh-jauh ke Banjarmasin. Di Surabaya terdapat warung yang menghidangkan masakan khas Banjar yaitu Warung Makan Khas Banjarmasin Acil 

Warung yang dikenal juga dengan sebutan Warung Acil ini berlokasi di Jalan Pakis Tirtosari 6 Nomor 1, Surabaya. Di warung ini pengunjung bisa mencicipi berbagai kuliner Banjar mulai dari Soto Banjar hingga Sate Banjar. 

Untuk mendapatkan Soto Banjar, pengunjung cukup membayar Rp 18.000. Sedangkan untuk 20 tusuk Sate Banjar, pengunjung harus membayar Rp 20.000. Warung ini buka setiap hari, mulai pukul 10:00 – 21:00.

(Kezia Priscilla, mahasiswi UMN)

4 of 4

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by