VIDEO: YPP Indosiar SCTV Bersama PDAM Surabaya Pasang Saluran Air Bersih

Oleh Agustina Melani pada 16 Okt 2019, 13:30 WIB

Diperbarui 16 Okt 2019, 12:38 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP Indosiar SCTV), kembali menyalurkan dana bantuan dari pemirsa. Senin siang, 14 Oktober 2019, YPP bekerjasama dengan PDAM Surabaya dan USAID IUWASH, melakukan serah terima master meter air bersih kepada warga di permukiman padat penduduk di Surabaya. Bantuan tersebut, bisa membantu ratusan warga sekitar yang selama ini belum mendapatkan air bersih.

Penyerahan pipa master meter air bersih di Kawasan Sidoyoso Kali Selatan, Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Simokerto, Surabaya ini disambut antusias ratusan warga sekitar.

Bagaimana tidak, selama 40 tahun lebih daerah ini tidak bisa dialiri air bersih, karena lahan yang ditempati warga, tidak memiliki surat kepemilikan yang sah. Kondisi itu membuat PDAM tidak berani memasang pipa air bersih. Berkat bantuan dari Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih Indosiar SCTV.

Melalui dana yang dihimpun dari pemirsa, disalurkan melalui pemasangan pipa master air. Selanjutnya pipa master air ini, di kelola secara swadaya dalam merawat, dan pembayaran iuran bulanan ke PDAM.

Warga yang menerima bantuan mengaku senang dan bersyukur, karena bisa berhemat dan  tidak kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari. Sebelumnya, warga harus membeli dengan harga per jerigen sebesar Rp 4.000. Dengan total biaya perbulan mencapai Rp 300 ribu.

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Surabaya, mengapresiasi kegiatan sosial kemanusiaan yang dipelopori oleh Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih, yang bekerjasama dengan USAID IUWASH. Diharapkan bantuan pemasangan pipa master meter ini bisa dimanfaatkan dan dijaga oleh warga sekitar.

Pemasangan master meter air bersih di Kawasan Sidoyoso Kali Selatan ini merupakan kali kedua, yang sebelumnya telah dilakukan di Kawasan Wonosari DKA Surabaya. Kegiaatan serupa akan terus dilakukan untuk membantu masyarakat lain yang membutuhkan air bersih. Demikian diberitakan Fokus, 15 Oktober 2019.