VIDEO: Polres Gresik Layani Penyerahan Smart SIM Langsung ke Rumah Pemohon

Oleh Agustina Melani pada 16 Okt 2019, 11:30 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Ramainya antrean dalam pembuatan Smart SIM, membuat Satlantas Polres Gresik, Jawa Timur, aparat kewalahan melayani masyarakat. Untuk memangkas antrean pemohon SIM yang mencapai 15 ribu ini, polisi membentuk Satuan Tugas Bhabinkamtibmas Delivery Smart SIM, yang akan mengantarkan SIM ke setiap rumah para pemohon SIM yang sudah selesai dicetak. 

Para Satgas Bhabinkamtibmas Delivery Smart SIM, berkeliling ke setiap rumah warga, untuk mengantarkan SIM baru atau Smart SIM, yang sudah selesai dicetak oleh Satlantas Polres Gresik.

Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, atau Bhabinkamtibmas ini, memiliki tugas baru, mendatangi alamat rumah para pemohon SIM, yang sudah melakukan perekaman dan lulus ujian, dan berhak diberikan SIM baru, yang kini berupa Smart SIM.

Sedikitnya setiap hari, petugas Bhabinkamtibmas ini, mendapatkan jatah sebanyak 30 kartu SIM pada setiap kecamatan, untuk disebar ke para pemohon SIM baru maupun perpanjangan.

Sejumlah pemohon SIM mengaku kaget dan senang, karena kartu SIM-nya diantarkan polisi sampai rumah tanpa dipungut biaya lagi. Selain itu, warga juga tidak perlu repot dan bolos kerja, hanya untuk datang ke Satpas Satlantas Polres Gresik, mengambil SIM barunya.

Antrean panjang para pemohon SIM ini, karena masa transisi peralihan SIM lama ke Smart SIM, dan keterlambatan pengiriman material SIM dari Korlantas Polri. Sejak Juli 2019, tercatat sebanyak 15 ribu pemohon SIM masih belum mendapatkan kartu SIM, dan hanya diberikan spesimen.

Diharapkan dengan dibentuknya Satgas Bhabinkamtibmas Delivery Smart SIM ini, akan memudahkan para pemohon SIM untuk mendapatkan kartu SIM-nya, tanpa harus datang ke kantor Satpas Satlantas Polres Gresik.

 

Berikut video menariknya pada Fokus, 15 Oktober 2019