VIDEO: 3 Perahu Muncul dari Sungai Bengawan Solo, Diduga Bekas Masa Penjajahan

VIDEO: 3 Perahu Muncul dari Sungai Bengawan Solo, Diduga Bekas Masa Penjajahan

Tiga perahu baja muncul dari dasar Sungai Bengawan Solo di Kecamatan Karang Geneng, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Perahu-perahu tersebut diperkirakan berasal dari masa penjajahan. Peneliti dari Trowulan memperkirakan perahu ini berfungsi untuk mengangkut tentara penjajah pada masanya.

Bagian depan dan bagian belakang dua perahu ini muncul ke permukaan air, sejak beberapa hari lalu. Perahu-perahu ini terbuat dari bahan baja, dengan bentuk bagian depan runcing dan bagian belakangnya rata. Panjang perahu diperkirakan mencapai 5 m, tinggi 78 cm dan lebar belakangnya mencapai 1,5 m.

Di sisi dalam perahu, terdapat pipa yang kemungkinan digunakan sebagai pegangan penumpang. Menurut peneliti Badan Pelestarian Cagar Budaya Trowulan, Perahu-perahu ini terdapat lubang akibat tembakan senjata. Diduga perahu-perahu ini, pada masanya digunakan untuk mengangkut pasukan.

Namun belum bisa dipastikan, perahu-perahu ini milik penjajah Belanda atau Jepang. Sementara menurut warga setempat, orang-orang tua di kampungnya tidak ada yang mengetahui perihal perahu-perahu tersebut. Namun, di sekitar lokasi penemuan perahu dulunya banyak terdapat ponton yang digunakan sebagai alat penyeberangan.

"Kelihatannya ini kapal penumpang, jadi bukan untuk barang, untuk mobilisasi tentara, pada masa penjajahan Belanda atau Jepang, namun untuk pastinya, harus diangkat dahulu, dan kemudian melalui kajian literasi untuk mengetahui buatan Belanda atau Jepang," kata Wicaksono Dwi Nugroho, Peneliti BPCB Trowulan.

Munculnya perahu baja di Sungai Bengawan Solo yang melintas di Desa Mertani, Kecamatan Karang Geneng ini menjadi tontonan bagi masyarakat sekitar. Agar tetap aman hingga proses pengangkatan, sekitar perahu bersejarah ini telah di pasang garis polisi, agar warga tidak bisa leluasa memasuki area penemuan perahu tersebut.

Berikut kita simak videonya yang tayang pada Fokus, 14 Oktober 2019

Ringkasan

Oleh Didi N pada 15 October 2019, 13:30 WIB

Video Terkait

Spotlights