Sukses

Jatim Peringati Hari Jadi ke-74, Ini Harapan Khofifah

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memimpin upacara peringatan Hari Jadi ke-74 Jawa Timur Tahun 2019 yang diperingati setiap 12 Oktober di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Jatim.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa memimpin upacara peringatan Hari Jadi ke-74 Jawa Timur Tahun 2019 yang diperingati setiap 12 Oktober di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, pada Sabtu (12/10/2019).

"Peringatan ini sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah atas segala sesuatu yang dilimpahkan,” ujar dia dilansir Antara, Sabtu pekan ini.

Ia mengharapkan, Jawa Timur semakin maju dan masyarakat bertambah sejahtera. Memang Khofifah mengakui masih ada pekerjaan rumah dari sejumlah sektor yang harus terus dikerjakan.

Beberapa yang harus dituntaskan, antara lain upaya pengentasan kemiskinan, menciptakan lapangan kerja, mengatasi kesehatan masyarakat dan lainnya. Khofifah juga berpesan kepada masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan serta persaudaraan antarsesama.

"Jagalah Jawa Timur dan jagalah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata dia.

Sementara itu, bertindak sebagai komandan upacara adalah Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim Hadi Sulistyo.

Pada kesempatan itu hadir ribuan undangan, termasuk sejumlah mantan pejabat Pemprov Jawa Timur, salah satunya Gubernur Jatim periode 2009-2019, Soekarwo beserta istri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sebelum upacara berakhir, ditampilkan juga seni drama dan tari, paduan suara, defile kendaraan militer milik TNI dan Polri, serta paralayang yang terbang rendah di atas Gedung Negara Grahadi.

Setelah upacara peringatan hari jadi yang mengambil tema “Semangat Nawa Bhakti Satya untuk Jawa Timur Maju Sejahtera” tersebut dilanjutkan Sidang Paripurna Istimewa DPRD Jatim di Gedung DPRD Jatim Jalan Indrapura Surabaya.

Sejumlah rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Jadi ke-74 Jatim di sejumlah daerah, seperti bakti sosial atau gerakan gotong royong untuk percepatan penanganan katarak Jawa Timur di Rumah Sakit Soedono Madiun pada Jumat 11 Oktober 2019.

Khofifah juga berziarah ke makam Gubernur Pertama Jawa Timur Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo di Kelurahan Kepolorejo, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan, Jumat 11 Oktober 2019.

Gubernur Pertama Jatim atau akrab disapa Gubernur Soerjo menjabat sebagai Gubernur Periode 1945-1948, yang sebelumnya juga menjabat Bupati Magetan 1938-1943.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.