Kepanasan? Cicipi 3 Es yang Bikin Adem di Surabaya

Oleh Liputan Enam pada 10 Okt 2019, 08:00 WIB
es krim

Liputan6.com, Jakarta - Surabaya, Jawa Timur termasuk salah satu kota terpanas di Indonesia. Suhu kota metropolitan kedua setelah Jakarta ini bisa mencapai hingga 36 derajat celcius.

Kalau udara sedang panas, biasanya tenggorokan akan terasa lebih kering. Akan terasa nikmat, bila udara panas dipadukan dengan minuman segar.

Di Surabaya terdapat banyak pilihan es segar yang bisa dicoba. Selain segar, es ini juga sudah terkenal legendaris di Kota Pahlawan. Bahkan salah satunya, ada sudah yang sudah berumur 86 tahun.

Berikut Liputan6.com rangkum, tiga es yang bikin adem di Surabaya dari berbagai sumber: 

1. Es Coklat Tambah Umur

Es Coklat Tambah Umur adalah es legendaris di Surabaya yang sudah ada sejak 1950. Minuman ini pas untuk menemani panas siang hari di Kota Surabaya.

Ciri khas dari es ini adalah memadukan es cokelatnya dengan roti manis. Untuk mendapat es cokelatnya saja, pengunjung cukup membayar Rp. 8.000. Sedangakn rotinya sendiri, pengunjung cukup mengeluarkan Rp. 2.000.

Es coklat ini buka setiap hari, mulai pukul 08:30 hingga 16:00. Tempat pusatnya ada di Jalan Simokerto Nomor 49, Surabaya. Es ini juga buka cabang drive thru di sebrang Waduk Unesa Citraland, Surabaya.

2. Ice Cream Zangrandi

Es lain yang juga legendaris dan terkenal di Surabaya adalah Ice Cream Zangrandi. Es krim ini sudah mulai diproduksi sejak 1933.

Restoran yang terletak di Jalan Yos Sudarso Nomor 15 ini menjual beragam menu es krim. Mulai dari banana split, pancake ice cream hingga noodle ice cream dapat dicicipi di restoran ini.

Restoran Ice Cream Zangrandi ini bergaya klasik dan vintage ala rumah Belanda. Restoran ini membuka cabang di Galaxy Mall dan Pasar Atom Mall.

3. Es Dawet Cak Minto

Segarnya es dawet cocok untuk menemani panasnya Surabaya. Salah satu es dawet yang bisa dijadikan pilihan adalah Es Dawet Cak Minto.

Rasa es dawet ini sangat khas dari gula merahnya yang manis dicampur dengan santan dan sirupnya. Harga satu gelas es dawet di sini adalah Rp. 7.000.

Lokasinya ada di Jalan Mayjend Sungkono Nomor 5, Surabaya. Buka setiap hari, mulai pukul 09:00 – 17:00. Hati-hati, es dawet ini akan ramai di jam-jam panas terik Kota Surabaya.

(Kezia Priscilla, mahasiswi UMN)

2 of 3

Menyantap Nasi Krawu Khas Gresik di Surabaya

Nasi Krawu
Nasi Krawu

Sebelumnya, Jawa Timur kaya kuliner. Di provinsi yang dipimpin Gubernur Khofifah Indar Parawansa ini, dapat ditemui sejumlah makanan khas mulai dari rawon, rujak cingur, nasi bebek, soto, dan nasi krawu Gresik.

Nasi krawu merupakan salah satu masakan khas dari Gresik, Jawa Timur.  Masakan ini terdiri dari potongan daging daging sapi yang sudah dibumbui. Ditambah sambal terasi dan serundeng serta lauk pauk lainnya.

Asal nama krawu adalah masakan dari krawu kelapa ini. Serundeng kelapa dan bumbu manggut memberikan rasa di nasi krawu selain dari krawu.

Makanan khas asal Gresik ini juga dapat dijumpai di Surabaya, Jawa Timur. Ingin mencoba masakan nasi krawu di Surabaya? Mengutip buku Food Report Surabaya by Surabaya Food Patrol, berikut tempat makan yang sediakan nasi krawu di Surabaya:

1.Nasi Krawu Ibu HJ. Suliha

Tempat makan ini buka dari pukul 06.00-11.00 WIB. Letaknya di Jalan Indrapura. Tempat makan ini menyediakan nasi krawu yang dikemas rapi dalam bungkusan yang terbuat dari daun pisang. Nasi ini terdiri dari serundeng, daging suwir dan sambal.

2.Nasi Krawu Mbak Su

Tempat makan ini buka dari pukul 06.00-15.00 WIB. Tempat makan ini berada di Jalan Dharmahusada Nomor 108 B. Cabang lain dapat ditemui di Jalan Darmo Permai 3.

Nasi krawu ini paling terkenal di Gresik. Mbak Su berjualan nasi krawu secara keliling pada 1950-an, menjunjung dagangan nasi krawu di atas kepalanya. Kini anak-anaknya meneruskan usaha mbak su.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓