Sukses

Peminat Minyak Goreng Curah Cukup Tinggi di Sidoarjo

Salah satu penjual minyak goreng di Pasar Taman, Sidoarjo, M Imam menuturkan, dirinya mampu menjual minyak goreng curah sebanyak 20 liter.

Liputan6.com, Jakarta - Kebutuhan minyak goreng yang ada di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur masih cukup tinggi. Rata-rata setiap penjual mampu melepas minyak goreng curah sebanyak 20 liter per hari.

Salah satu penjual minyak goreng di Pasar Taman, Sidoarjo, M Imam menuturkan, dirinya mampu menjual minyak goreng curah sebanyak 20 liter.

"Kami menjualnya seharga Rp 9 ribu per liter. Sedangkan untuk minyak goreng kemasan dijual dengan harga sekitar Rp 12 ribu per liternya," ujar dia, dilansir Antara, ditulis Rabu (9/10/2019).

Ia menuturkan, kebanyakan pembeli minyak goreng curah di tempatnya adalah pedagang gorengan dan para pedagang kaki lima.

"Sedangkan untuk konsumen minyak goreng kemasan adalah dari ibu rumah tangga, karena kualitas minyak goreng kemasan masih lebih bagus dari minyak goreng curah yang cepat menghitam setelah digunakan," tutur dia.

Hal senada disampaikan oleh Suwarno, salah seorang pedagang di Pasar Larangan Sidoarjo yang mengaku jika direncanakan sehari mampu menjual minyak goreng curah mencapai 25 liter per hari.

"Konsumen masih banyak yang minat sama minyak curah. Dalam sehari, kami mampu menjual hingga 25 liter minyak goreng curah,” tutur dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan Pedagang

Ia mengharapkan supaya minyak goreng curah tetap ada dan peredarannya tidak dilarang oleh pemerintah. "Masyarakat masih membutuhkan minyak curah. Mungkin masyarakat bisa beralih dari minyak curah ke minyak kemasan bila harganya setara," kata dia.

Sebelumnya Kementerian Perdagangan mengajak produsen minyak goreng untuk menjual minyak goreng kepada konsumen dalam bentuk kemasan dan memenuhi ketentuan berlaku.

"Pada Januari 2020 nanti tidak ada lagi minyak goreng curah sampai ke desa, sampai ke pelosok hingga ke pasar-pasar, " ujar Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.