Catat, Ini 6 Lapangan Golf di Surabaya Beserta Fasilitasnya

Oleh Liputan Enam pada 09 Okt 2019, 08:00 WIB
Ilustrasi golf

Liputan6.com, Jakarta - Golf adalah olahraga yang tidak bisa dimainkan di lapangan pada umumnya. Olahraga golf harus dimainkan di padang golf khusus.

Seringkali, golf dianggap hanya sebagai permainan orang kaya dan bukan olahraga. Walau begitu, golf memiliki banyak manfaat bagi tubuh. 

Bermain golf dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Bahkan, terdapat penelitian yang membuktikan golf mampu memperpanjang usia seseorang.

Sebagai ibu kota Jawa Timur, Surabaya telah memiliki banyak lapangan golf yang bisa dicoba. Beberapa di antaranya bahkan menyediakan layanan golf untuk siang dan malam hari. 

Melansir dari Jalan-jalan Surabaya: Enaknya ke Mana? karya Yusak Anshori dan Adi Kusrianto dan berbagai sumber, berikut adalah enam lapangan golf di Surabaya:

1. Ciputra Golf and Family Club

Lokasi lapangan golf ini berada di Jalan CitraLand Utama, CitraLand Surabaya. Ciputra Golf sudah mulai beroperasi sejak 1995.

Lapangan golf ini adalah lapangan golf terbesar dan terlengkap di Jawa Timur.  Di sana, terdapat 27 holes Championship Golf course dengan club house dan 9 holes untuk malam hari.   

Ciputra Golf dirancang oleh Andy Dye dari Dye Design Corp. Andy Dye adalah salah satu perancang lapangan golf terkemuka di dunia. Pada September 2018, Ciputra Golf mendapat sertifikat dari LSU PPS (Lembaga Sertifikat Usaha Perusahaan Penyedia Sertifikasi) sebagai Lapangan Golf di Jawa Timur yang memenuhi syarat untuk bisnis pariwisata.

2. Bukit Darmo Golf 

Lapangan golf ini tidak jauh dari pusat kota. Hanya dibutuhkan waktu 10 menit untuk sampai ke Bukit Darmo Golf yang berlokasi di Jalan Bukit Darmo Golf Nomor 2.

Lapangan golf ini sudah mulai beroperasi sejak 1994. Bukit Darmo Golf  adalah salah satu lapangan golf yang paling menantang di Asia. Bukit Darmo Golf  dirancang oleh Jack Nicklaus II. 

Lapangan golf ini memiliki 18 holes championship golf club dengan club house. Medan golf yang bergelombang lembut menawarkan tantangan bagi pemain dari berbagai tingkat keterampilan.

3. Graha Family Golf & Country Club

Lapangan golf ini cocok untuk para golfer di Surabaya Barat. Letaknya berada di Jalan Raya Golf Graha Famili, Pradahkalikendal, Dukuh Pakis, Surabaya. 

Graha Family Golf didesain oleh pemain golf dunia yang terkenal, Arnold Palmer. Di sana terdapat fasilitas 18 holes championship golf club dengan club house. 

Lapangan golf yang mulai beroperasi sejak 1995 ini, memberikan layanan Asisten Golf (Caddie) yang telah dipilih secara khusus. Caddie ini sebelumnya sudah menjalani tes dan dilatih secara berkala.

2 of 3

Taman Dayu Golf Club

Golf (iStock)
Ilustrasi olahraga golf (iStockphoto)

4. Taman Dayu Golf Club

Selain Bukit Darmo Golf, lapangan golf ini juga merupakan hasil desain dari Jack Nicklaus. Taman Dayu Golf Club sudah mulai beroperasi sejak 1995. 

Lapangan ini menyediakan fasilitas 18 holes championship golf club dengan club house. Letaknya ada di Jalan Raya Surabaya Malang Km. 48 Pandaan. 

Pada 2005 lapangan golf ini meraih predikat sebagai “The Best Golf Course in Asia” dari majalah Golf Digest. Selain itu, Taman Dayu Golf Club juga mendapat peringkat ke-50 sebagai lapangan golf terbaik di luar Amerika Serikat. 

5. Finna Golf and Country Club

Finna Golf Country Club adalah lapangan golf yang berada di Jalan Raya Barsari, Surabaya. Lapangan golf ini didesain oleh arsitek lapangan golf internasional ternama, Peter Thompson, Michael Wolveridge dan Ross Perret.   

Lapangan golf ini menyediakan 18 holes championship golf club dengan club house. Lapangan golf ini memiliki medan yang berada di kaki bukit.

Para golfer dapat menikmati pemandangan panorama alam serta pedesaan saat berada di sana. Lapangan golf ini sudah beroperasi sejak 1994. 

6. Pakuwon Golf and Family Club

Pakuwon Golf and Family Club terinspirasi dari konsep "African Lost City”. Untuk itu, lapangan golf ini dibangun untuk menghidupkan kembali memori indah Afrika. 

Para golfer dapat menikmati lukisan satwa liar Afrika di langit-langit club house.  Selain itu, terdapat juga replika binatang liar yang bisa dijumpai di sana.  

Lapangan golf ini menyediakan 18 holes yang dirancang oleh Thomson dan Wolfrige dari Australia. Selain golf untuk siang hari, Pakuwon Golf juga menyediakan golf unuk malam hari. 

(Kezia Priscilla, mahasiswi UMN)

 

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓