6 Wisata Alam di Tulungagung yang Instagramable, Cocok Jadi Spot Foto

Oleh Dyah Mulyaningtyas pada 08 Okt 2019, 08:55 WIB
5 Wisata Alam di Tulungagung yang Instagramable, Cocok Jadi Spot Foto

Liputan6.com, Jakarta Indonesia menyimpan banyak destinasi wisata alam yang sangat mengagumkan. Setiap daerah di negara ini memiliki destinasi wisata alam yang dapat menarik kedatangan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Salah satu provinsi di Indonesia yang menjadi tujuan favorit para wisatawan adalah Jawa Timur.

Jawa Timur terkenal akan destinasi wisata alamnya yang begitu melimpah dan mengagumkan. Wisata alam di Jawa Timur tidak hanya berada di Banyuwangi, Malang maupun Madura, namun ternyata Kabupaten Tulungagung juga menyimpan keindahan alam yang memesona.

Meskipun wilayah Tulungagung tidak terlalu luas, namun Kabupaten yang satu ini memiliki berbagai wisata alam yang kini tengah populer di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Hal ini dikarenakan Tulungagung memiliki pemandangannya yang Instagramable.

Bagi kamu yang suka berwisata alam dan berburu foto Instagramable, beberapa destinasi wisata alam di Tulungagung patut untuk kamu kunjungi. Selain dapat berburu foto, kamu juga dapat melepas penat dari rutinitas sehari-hari yang melelahkan. Berikut 6 destinasi wisata alam Tulungagung yang Instagramable dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (8/10/2019).

2 of 7

1. Danau Ranu Gumbolo

Ranu Gumbolo
Ranu Gumbolo, Tulungagung, Jawa Timur. (Sumber Foto: lelynovelia/Instagram)

Jika di Tengger Semeru terdapat Ranu Kumbolo maka di Tulungagung terdapat Ranu Gumbolo. Tak hanya namanya yang mirip, keindahan Ranu Gumbolo juga tidak kalah dari Ranu Kumbolo. Danau cantik ini terletak di sebelah bendungan Wonorejo tepatnya di Bantengan, Mulyosari, Pagerwojo.

Di danau Gumbolo kamu akan disuguhkan pemandangan hijau yang masih sangat alami. Di kawasan ini juga disediakan wahana flying fox, perahu kayuh, dan masih banyak wahana lainnya. Suasana yang sejuk dan jernihnya air danau tersebut akan membuat kamu betah berlama-lama di sana.

3 of 7

2. Air Terjun Alas Kandung

Air Terjun Alas Kandung
Air Terjun Alas Kandung, Tulungagung, Jawa Timur. (Sumber: Instagram/@aoritymayleena_)

Air Terjun Alas Kandung berada di pinggir Alas Kandung di Desa Tanen, Kecamatan Rejotangan, Tulungagung. Airnya begitu jernih dan segar sehingga banyak wisatawan yang memanfaatkan liburannya untuk berenang disini. Selain itu suasananya masih sangat alami dan indah, cocok untuk berburu foto Instagramable.

Di wisata alam ini tidak ada biaya tiket masuk, kamu hanya perlu membayar biaya parkir sebesar 3.000 ribu rupiah saja. Biaya yang sangat terjangkau bagi semua kalangan.

4 of 7

3. Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang
Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang menyimpan keindahan alam yang memesona. Pantai ini merupakan sebuah gugus karang yang mempunyai beberapa buah kolam atau biasa disebut dengan laguna yang tercipta secara alami akibat proses alam.  Air laut yang jernih, suasana menenangkan, dan sejuknya udara akan membuat kamu tak ingin beranjak dari tempat ini.

Buat kamu yang suka bermain air atau berenang, pantai ini sangat cocok untuk kamu kunjungi. Pantai yang terletak di Desa Pucanglaban, Tulungagung ini juga cocok untuk dijadikan spot foto Instagramable.

5 of 7

4. Cemoro Sewu

Cemoro Sewu atau Cemara Sewu berada tak jauh dari lokasi Pantai Sine tepatnya di Desa Kalibatur, Kalidawir, Tulungagung. Sebenarnya lokasi wisata ini masih dalam kawasan pantai, namun rerimbunan pohon cemara yang berada di sana ternyata lebih terkenal dari pantainya sendiri. Ribuan pohon cemara ini bisa dijadikan tempat berburu foto Instagramable yang mengagumkan karena keindahannya.

Kamu bisa menikmati keindahan tempat wisata Cemoro Sewu ini hanya dengan membayar biaya parkir kendaraan saja. Untuk tarif parkir roda dua hanya Rp 3.000 saja, sedangkan untuk roda empat sekitar Rp 5.000.

6 of 7

5. Bukit Jomblo

Bukit Jomblo
Bukit Jomblo, Tulungagung, Jawa Timur. (Sumber: Instagram/@koirul_anm)

Konsep yang diterapkan pada tempat wisata ini sudah banyak digunakan di beberapa tempat wisata di Tanah Air. Namun pemandangan yang disuguhkan di tempat ini sangat memukau. Bagi masyarakat sekitar Tulungagung, Bukit Jomblo ini merupakan salah satu destinasi wisata alam favorit.

Meski disebut dengan Bukit Jomblo, namun bukan berarti hanya para jomblo saja yang boleh berkunjung ke tempat wisata ini. Bagi kamu yang suka menikmati pemandangan panorama alam bebas yang masih segar dan asri tempat wisata ini sangat cocok untuk kamu kunjungi. Terdapat beberapa properti yang bisa dipakai sebagai latar untuk berfoto yang tentunya Instagramable.

7 of 7

6. Air Terjun Sarang Awan

Air terjun Sarang Awan berada di Dukuh Sengon, Desa Kradinan, Pagerwojo, Tulungagung. Masyarakat sekitar sering menyebutnya dengan nama Air Terjun Ondo-ondo. Air terjun yang berada di dalam Hutan Kradinan ini memiliki pemandangan yang sangat memukau. Ketinggian air terjun ini mencapai sekitar 75 Meter.

Tidak diketahui pasti mengapa air terjun ini disebut dengan Sarang Awan. Namun dari berbagai cerita warga setempat bahwa nama Sarang Awan itu muncul diperkirakan karena derasnya air yang jatuh dari ketinggian menimbulkan kabut putih yang seolah-olah mirip dengan awan yang bersarang diatas air terjun tersebut. Air terjun Sarang Awan masih sangat jarang dikunjungi wisatawan sehingga kondisi alamnya masih sangat alami, cocok untuk berburu foto Instagramable.

Lanjutkan Membaca ↓