Sukses

BBKP Surabaya Waspadai Penyebaran Flu Babi Afrika

Hampir semua negara di benua Asia telah terpapar virus ASF. Di antaranya adalah Mongolia, Vietnam, Kamboja, Hongkong, Korea Utara, Laos, Myanmar, dan yang terbaru adalah Timor Leste

Liputan6.com, Jakarta - Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Surabaya Jawa Timur memperketat pengawasan di bandara yang punya penerbangan internasional, menyusul penyebaran penyakit African Swine Fever (ASF) atau flu babi Afrika ke wilayah Indonesia.

Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya, Musyaffak Fauzi mengatakan, saat ini penyebaran virus flu babi Afrika tersebut sudah mulai mendekat ke Indonesia, sehingga, pengawasan lebih ketat perlu dilakukan.

"Indonesia sampai sekarang masih bebas. Namun, Timor Leste, Filipina, Vietnam, sudah ditemukan. Kami akan melakukan pengawasan ketat," kata Musyaffak, di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin 7 Oktober 2019.

Musyaffak menuturkan, penularan virus flu babi Afrika tersebut bisa melalui makanan olahan yang berbahan baku daging babi, atau daging babi yang dimasak, namun belum matang. Virus tersebut tahan hidup dalam daging babi yang telah diasap, atau diberi garam, dilansir dari Antara.

Selain itu, kata Musyaffak, potensi lainnya adalah jika ada penumpang yang terpapar dari negara asal virus dan masuk ke Indonesia.

"Jika ada penumpang yang berasal dari negara tertular, terutama yang pernah meninjau peternakan, itu biasanya terpapar," ujar Musyaffak.

Berdasarkan laporan dari Organisasi Kesehatan Hewan Dunia, hampir semua negara di benua Asia telah terpapar virus ASF. Di antaranya adalah Mongolia, Vietnam, Kamboja, Hongkong, Korea Utara, Laos, Myanmar, dan yang terbaru adalah Timor Leste pada September 2019.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara eksportir babi, tercatat, kurang lebih pada 2018, ekspor babi mencapai 271 ekor. Sehingga, jika virus tersebut masuk ke Indonesia, bisa menjadi ancaman serius.

Virus ASF sangat berbahaya bagi peternakan babi, dikarenakan jika terjangkit virus tersebut dapat berakibat pada kesakitan dan kematian pada ternak babi dengan tingkat mencapai 100 persen.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.