VIDEO: Kebakaran Melanda Lereng Gunung Bromo dan Taman Nasional Merapi

Oleh Agustina Melani pada 07 Okt 2019, 12:30 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Petugas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) bersama anggota TNI Polri, terus memadamkan api di kawasan area menuju wisata sunrise, di wilayah Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan. Berikut videonya pada Liputan6, Sabtu, 5 Oktober 2019.

Berbekal satu unit truk tangki air, petugas membasahi lahan yang dikelilingi ilalang dan pepohonan yang terbakar. Kencangnya hembusan angin, menyebabkan api terus membesar dan menjalar hingga nyaris membakar warung-warung di area wisata sunrise Pananjakan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Kebakaran hutan ini memaksa kera-kera liar penghuni kawasan hutan mencari lokasi aman. "Memang sudah 4 hari ini angin agak keras, akhirnya terbakar seperti saat ini, dengan luas lahan sekitar 10,2 hektar," kata Joko Purwito, Kepala Resor Pananjakan TNBTS.

Sementara itu, hingga Jumat sore 4 Oktober 2019, api tampak leluasa melahap hutan dan lahan Taman Nasional Gunung Merapi di kawasan Jurang Jeruh blok Dam Ombo, Sentong dan Bronjong di Kecamatan Srumbung, Magelang.

Tingginya suhu di sekitar Jurang Jeruh, menyebabkan api dengan cepat melumatkan tanaman. Berdasarkan keterangan warga, api sudah mulai terlihat sejak pukul 01.00 Jumat siang 4 Oktober 2019.

Meski skala kecil, api dengan cepat menjalar hingga 4 titik kawasan hutan Taman Nasional Gunung Merapi. Kebakaran Gunung Merapi di wilayah perbatasan Kabupaten Magelang dan Yogyakarta ini belum diketahui secara pasti penyebabnya.