Robot Besutan Unesa Rebut Juara III di KRTI 2019

Oleh Liputan6.com pada 07 Okt 2019, 01:00 WIB
Ilustrasi Robot

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menyelenggarakan Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2019 di Pasuruan, Jawa Timur, pada 1 4 Oktober. Kontes ini dinilai sebagai ajang presentasi hebat di bidang teknologi robot terbang tanpa awak.

Rektor Universitas Negeri Surabaya, Prof Nurhasan mendorong agar kreativitas seluruh peserta tidak berhenti di akhir penyelenggaraan KRTI 2019.

"Teruslah berinovasi, berkreasi untuk mewujudkan Indonesia maju," ujarnya saat dikonfirmasi di Surabaya, Minggu 6 Oktober 2019.

Kontes yang diselenggarakan Unesa bersama Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) ini diikuti 95 tim dari 40 perguruan tinggi se-Indonesia. Tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ketujuh, dilansir dari Antara.

"Robot Golden Eagle Art" dari Unesa turut bersaing di KRTI 2019 dan berhasil merebut Juara III untuk kategori Divisi Technology Development, serta desain terbaik kategori Subdivisi Propulsion System Development.

"Kami mengapresiasi tim robotik Golden Eagel Art Unesa yang telah bersaing dengan 95 tim dari 40 perguruan tinggi se-Indonesia dan berhasil merebut juara III serta desain terbaik di kategori Divisi Technology Development subdivisi Propulsion System Development," ucap Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik Unesa Dedy Rahman Prehanto.

Direktur Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek, Dikti Didin Wahyudin menyebut, Unesa sebagai tuan rumah sukses menyelenggarakan keseluruhan pertandingan.

"Ukuran sukses tersebut setidaknya bisa dilihat dari tiga hal. Pertama, fasilitas yang diberikan dalam penyelenggaraan pertandingan. Kedua, lokasi pertandingan yang cukup bagus. Ketiga, kenyamanan para peserta," katanya.

Didin berharap seluruh peserta dapat mengambil hikmah dari setiap kegiatan KRTI 2019.

"Kontes robot akan bermakna kelak di kemudian hari demi pertumbuhan teknologi di Indonesia dan bermanfaat dalam kehidupan nyata," ujarnya di Surabaya.

2 of 2

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by