Polda Jatim Berikan 2.000 SIM Gratis Sambut HUT ke-74 TNI

Oleh Dian Kurniawan pada 05 Okt 2019, 14:09 WIB
(Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Liputan6.com, Surabaya - Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) turut memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 TNI atau HUT ke-74 TNI. Polda Jatim memberikan tumpeng sekitar 660 di seluruh jajaran TNI dan memberikan 2.000 SIM gratis kepada anggota TNI.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan menuturkan, selama ini sinergitas TNI dan Polda untuk mengatasi masalah di Jawa Timur terjalin baik. Sinergi tersebut sangat membantu dalam kegiatan untuk menjaga Jawa Timur. Pada HUT ke-74 TNI, ada sesuatu hal berbeda untuk merayakannya.

"Pada Ultah TNI tahun ini di Polda Jatim agak berbeda, karena tadi pagi sudah perintahkan seluruh jajaran dari polsek, polres sampai ke polda hari ini mendatangi mako-mako TNI baik dari koramil hingga kodim, korem, batalyon mengirimkan tumpeng. Serentak hari ini 660 tumpeng yang kami kirim serentak di seluruh jajaran," ujar Luki, ditulis Sabtu, (5/10/2019).

Ia menambahkan, hal ini sebagai apresiasi kepada TNI baik TNI angkatan darat (AD), TNI angkatan udara (AU), dan TNI angkatan laut (AL).

"Selama ini betul-betul sangat membantu dari Polda Jatim dalam kegiatan mengatasi permasalahan yang ada di Jatim sangat membantu dari menangani unjuk rasa, patroli gabungan, kegiatan-kegiatan lain yang kami selalu libatkan TNI," tutur dia.

Selain memberikan tumpeng sebagai rasa persaudaraan dan keakraban, TNI juga memberikan SIM gratis kepada personil TNI di seluruh Jawa Timur. Total ada sekitar 2.000 SIM gratis yang diberikan dalam rangka HUT ke-74 TNI.

"SIM gratis kepada personil TNI seluruh Jawa Timur totalnya 2.000 SIM gratis kepada personil TNI yang tahun ini merayakan ultah ke-74," ujar dia.

Luki menuturkan, selama ini sinergi antara TNI, Polda Jatim dan pemerintah provinsi Jawa Timur sudah sangat baik. Ke depan, ia mengharapkan sinergi ini berjalan baik dan masyarakat juga dapat memberikan kontribusi.

"Alhamdullilah sinergitas sangat baik sekali ini. Saat ini dengan TNI, ibu gubernur selalu pertemukan dalam kegiatan rapat, betul-betul lagi di puncak. Yang sudah baik ini meminta masyarakat untuk terus memberikan kontribusi tanpa ada dukungan dari masyarakat, kepercayaan yang diberikan untuk TNI, Polri semua harus terjaga selalu satu sama lain, komunikasi yang baik," kata dia.

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

2 of 4

Sambut HUT ke-74 TNI, Warga Surabaya Serbu Wisata Edukasi Alutsista Tank Tempur

(Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Sejumlah alutsista berupa tank tempur yang terparkir rapi di halaman lapangan Markas Komando Daerah Militer (Makodam) V/ Brawijaya. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Tentara Nasional Indonesia (TNI) atau disebut HUT ke-74 TNI, nampak sejumlah alutsista berupa tank tempur terparkir rapi di halaman lapangan Markas Komando Daerah Militer (Makodam) V/ Brawijaya yang berlokasi di Jalan Raden Wijaya No 1 Surabaya,  Jumat, 4 Oktober 2019.

Kesempatan langkah menyabut HUT ke-74 TNI itu dimanfaatkan oleh warga Surabaya, sebagai sarana wisata edukasi kepada anak-anak maupun cucunya.

Salah satunya adalah Arip Purwanto, warga Sukomanunggal Surabaya, yang rela datang malam-malam bersama istri dan dua anaknya yaitu Kayla Noura Mahameru dan Bisma Abinaya Kumbolo.

"Setelah saya dapat info dari teman - teman, ada tank tempur di kodam, selepas pulang kerja, saya ajak istri dan anak - anak ke kodam," tutur pria yang bekerja sebagai karyawan swasta ini.

Pria pegiat pencinta alam ini tak lupa menyisipkan sedikit edukasi kepada anak - anaknya bahwa tank tempur ini merupakan sarana penunjang atau kendaraan perang yang digunakan oleh TNI guna menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Selain memberikan edukasi, kami juga berfoto - foto ria, mengabadikan momen tahunan ini," ujar pria yang juga mempunyai toko outdoor activity yang bernama Meru Adventure ini.

 

3 of 4

Alutsista

Melihat Alutsista Buatan Indonesia di Indo Defence 2018
Pengunjung berswafoto saat mengunjungi Indo Defence 2018 Expo and Forum di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (9/11). Pameran ini menjadi ajang promosi bisnis dan teknologi bagi industri pertahanan Indonesia dan dunia. (Liputan6.com/JohanTallo)

Sementara itu, Panglima Kodam V/ Brawijaya Mayor Jenderal TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi menuturkan, ada empat jenis alutsista modern yang bakal dipamerkan dalam acara HUT ke - 74 TNI, pada 5 Oktober 2019.

Mulai alutsista bergerak hingga senjata pelontar misil jarak jauh berkecepatan tinggi. Alutsista peluncur misil merupakan alutsista yang mampu menjangkau jarak hingga 300 kilometer. Seperti Multiple Launch Rocket System (MLRS) ASTROS (Artillery Saturation Rocket System) dari Avibras.

Menurut Panglima Kodam V/ Brawijaya Mayjen TNI Wisnu Prasetya Budi, alutsista terbaru itu dimililiki Divisi II Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad). "Roket MLRS Astros II itu armed. Jarak jangkaunya bisa 300 km, tapi kalau di sini cuma 80 km," tuturnya. 

Kemudian alutsista bergerak jenis tank tempur,  seperti, Main Battle Tank (MBT) jenis Tank Leopard 2 A6. Selain itu dalam pameran besok juga diperlihatkan jenis kendaraan Panser Anoa.Sedang amunisi rudal berkecepatan tinggi, seperti Rudal Starstreak, rudal tersebut merupakan rudal super cepat (high velocity missile).

"Starstreak masuk dalam short range air defence (SHORAD) komponennya terdiri dari radar control master 200, RAPID Ranger mobile weapon systems, dan Lightweight Multiple Launcher (LML)," ucapnya. 

"Peringatan HUT ke - 74 TNI besok, bakal dihadiri pejabat dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jatim," ujar dia.

 

4 of 4

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓