5 Bus yang Akan Membawa Kamu Keliling Kota Surabaya

Oleh Liputan Enam pada 06 Okt 2019, 06:00 WIB
Suroboyo Bus

Liputan6.com, Jakarta - Tak perlu repot-repot bila ingin mengitari Kota Surabaya. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sudah menyediakan transportasi umum yang bisa digunakan oleh warga sekitar.

Salah satu transportasi umum yang bisa membawa masyarakat keliling Surabaya adalah bus kota. Di Surabaya, terdapat bermacam-macam bus kota yang patut dicoba . 

Setiap bus kota memiliki rutenya masing-masing. Mulai dari tempat wisata hingga tempat bersejarah dapat dikunjungi dengan bus-bus ini.

Berikut ini adalah lima bus yang bisa membawa kamu keliling kota Surabaya yang Liputan6.com rangkum dari instagram @ini_surabaya dan berbagai sumber:

1. Suroboyo Bus

Suroboyo Bus adalah transportasi umum berkonsep modern bus dan green wave. Keunikan bus ini terletak dari sistem pembayarannya. Masyarakat yang hendak menggunakan Suroboyo Bus harus membayarnya dengan sampah. 

Warga bisa harus menukar tiga botol besar air mineral atau lima botol tanggung air mineral atau 10 gelas air mineral untuk mendapat satu tiket berdurasi dua jam perjalanan. Bus ini memiliki rute terminal Bungurasih hingga JMP. Suroboyo Bus beroperasi setiap hari, mulau pukul 06:00 – 22:00 WIB.

2. Bus SHT

Bus SHT adalah kepanjangan dari Bus Surabaya Heritage Track. Bus ini akan mengajak penggunanya untuk berkeliling tempat-tempat bersejarah di Kota Pahlawan selama dua jam. Bus ini dapat digunakan secara gratis.

Bagi yang tertarik untuk mencoba Bus SHT, harus reservasi terlebih dahulu di Museum House Of Sampoerna, Surabaya. Bus ini beroperasi setiap hari, kecual hari Senin dan mulai beroperasi pukul 10:00, 13:00 dan 15:00 (menyesuaikan jadwal Museum).

 

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

2 of 3

Bus Surabaya Shopping and Culinary Track (SSCT)

Terkendala Ranting Pohon, Bus Tingkat Suroboyo Uji Coba Rute Baru
Bus tingkat Suroboyo cari rute baru lantaran banyak ranting pohon di sekitar halte. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

3. Bus SSCT

Bus satu ini merupakan Bus City Tour “Surabaya Shopping and Culinary Track”. Hanya dengan mengeluarkan ongkos Rp. 7.500, warga bisa mengitari Kota Pahlawan selama lima jam.

Bus ini dapat digunakan pada Selasa, Sabtu dan Minggu. Mulai beroperasi dari pukul 09:00 hingga 14:00 WIB. Rute tempat wisata yang akan dilalui dengan bus ini antara lain Balai Pemuda, Balai Kota, Museum Surabaya, Museum Sepuluh Nopember, Museum Kesehatan, Bank Indonesia, Jembatan Merah Plaza dan Balai Pemuda.

Sedangkan untuk wisata bahari sendiri, akan dilakukan pada minggu II dan IV. Rute wisata bahari meliputi Balai Pemuda, Balai Kota, Museum Kapal Selam, Museum Surabaya, THP Kenjeran, Sentra UKM Merr, dan Balai Pemuda. 

Untuk membeli tiket, dapat dilakukan di Kantor Tourism Information Center (TIC), Gedung Balai Pemuda, Surabaya, Jawa Timur di Jalan Gubernur Surya nomor 15. Penjualan tiket Bus SSCT ini tidak melayani penjualan lewat telepon dan online.

4. Bus Archive Heritage Track

Bagi yang senang dengan wisata sejarah, silakan gunakan Bus Archive Heritage Track. Bus ini  akan membawa warga untuk tour khusus arsip sejarah di Surabaya.

Bus ini biasa digunakan para pelajar Surabaya yang hendak mengunjungi tempat sejarah. Rute bus ini berawal di Dinas Pendidikan Surabaya Jagir. Untuk waktu operasionalnya sendiri masih tentative. 

5. Bus Tingkat Surabaya

Tak hanya “negara singa”, Surabaya juga memiliki bus tingkat atau disebut juga double decker. Bus ini merupakan bentuk bantuan dari Bank Mayapada.

Bus ini sudah beroperasi secara umum pada September 2018. Tak berbeda jauh dengan Suroboyo Bus, warga yang ingin menggunakan bus ini harus membayarnya dengan tiket berupa sampah botol plastik.Bus Tingkat ini dapat menampung penumpang hingga 67 orang.

(Kezia Priscilla, mahasiswi UMN)

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by