VIDEO: Sulap Kain Limbah Jadi Usaha Kreasi Pot, Warga Sidoarjo Raup Untung

VIDEO: Sulap Kain Limbah Jadi Usaha Kreasi Pot, Warga Sidoarjo Raup Untung

Hal-hal besar seringkali berawal dari ide kreatif meski sederhana. Hal itu dibuktikan seorang warga Sidoarjo, Jawa Timur, yang membuat kerajinan pot bunga berbahan kain bekas.

Siapa sangka, karya kreatif yang bahan dasarnya diambil dari bank sampah itu, bernilai ekonomis tinggi, dan banyak diminati warga dari sejumlah daerah di Jawa Timur.

Menjadi anggota bank sampah di kampungnya, membuat Sentot (48), warga Desa Sepande, Kecamatan Candi, Sidoarjo harus berjibaku dengan barang bekas kiriman dari tetangga untuk dijual kembali.

Hal tersebut menjadikan bapak dua anak ini, berfikir memanfaatkan sampah berupa kain, untuk dijadikan barang yang berguna dan mempunyai nilai ekonomis. Berikut videonya dalam Liputan6, Kamis, 3 Oktober 2019.

Berbekal ide kreatif, dirinya mencoba membuat pot bunga dari bahan kain bekas. Dengan bahan baku semen, pasir, dan kain bekas, Sentot berhasil menciptakan pot bunga berbagai ukuran dengan bahan baku kain. Berbagai kain bekas, dipotong sesuai ukuran pot dicampur adonan semen, dan dicetak. Untuk mempercantik pot sekaligus merapikannya, pot diberikan hiasan di sisinya, berbentuk bunga, atau hiasan lain.

Dalam sehari, dirinya bisa membuat 15-20 pot bunga. Pot-pot tersebut dijual seharga Rp 15 ribu untuk yang kecil hingga Rp 50 ribu untuk ukuran besar. Untuk bahan bakunya Sentot tidak merasa kesulitan.

Meski merasa agak kesulitan dalam penjualannya di wilayah Sidoarjo, pot berbahan dasar kain bekas itu, ternyata cukup diminati oleh warga kabupaten lain seperti Probolinggo, Lamongan, Pasuruan, bahkan Surabaya. Dirinya menawarkan pot bunga kreasinya dengan memanfaatkan media sosial dan komunitas bank sampah yang ada di kampungnya.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 04 October 2019, 19:30 WIB

Video Terkait

Spotlights