Sukses

Pesantren di Jatim Siap Tampung Anak Korban Kerusuhan Wamena

Anak-anak Jawa Timur korban kerusuhan di Wamena bakal segera mendapat pendidikan di sejumlah pesantren.

Liputan6.com, Jakarta - Melalui kerja sama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, anak korban kerusuhan Wamena Papua dari Jawa Timur (Jatim) siap ditampung di beberapa pondok pesantren di wilayahnya guna mendapatkan pendidikan.

"Kiai-kiai di pondok pesantren siap menampung putra-putri perantau asal Jatim dengan biaya pendidikan gratis," kata Rois Syuriah PWNU Jatim, KH Anwar Iskandar kepada wartawan di Surabaya, Kamis 3 Oktober 2019.

Sebagai salah satu bentuk keseriusan, PWNU juga telah bertemu dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi pada Rabu malam, 2 Oktober 2019 dilansir dari Antara.

Nantinya, kata dia, anak-anak dari para perantau asal Jatim yang berniat kembali ke Papua bisa bersekolah terlebih dahulu di pesantren untuk sementara waktu.

Hal senada disampaikan Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar. Ia mengatakan, langkah menampung anak-anak perantau di pesantren agar tetap mendapatkan pendidikan layak.

 

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggapan PWNU Jatim

Anak-anak, lanjut dia, juga diberi kebebasan untuk memilih lembaga pendidikan yang sesuai dengan bakatnya dengan harapan tidak kehilangan masa depannya akibat kerusuhan terjadi di Wamena.

"Kami siap tampung siapapun dan berapapun. Mau seribu atau dua ribu. Pemprov Jatim hanya bertugas menanggung dan memfasilitasi pengurusan dokumen milik perantau yang hilang, seperti kartu keluarga, rapor, surat nikah dan dokumen lain," katanya.

Pada Rabu malam, ratusan warga perantau dari Wamena asal Jatim tiba di Bandara Abdurahman Saleh Malang, yang diterbangkan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU.

Selain itu, beberapa hari sebelumnya terdapat lebih dari 40 orang perantau juga telah tiba di Asrama Transito di Surabaya milik Disnakertrans Jatim yang kemudian seluruhnya dipulangkan ke daerahnya masing-masing.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.