Sunset Rasa Bali di Tanjung Kodok Lamongan

Oleh Erik Erfinanto pada 04 Okt 2019, 08:00 WIB
Diperbarui 06 Okt 2019, 06:13 WIB
(Foto: Liputan6.com/Erik Erfinanto)

Liputan6.com, Jakarta - Momen eksotik senja hari, bohong bila ada pujangga yang tak terinspirasi. Terlebih, jika detik-detik mentari merebah ke bumi di salah satu pantai terbaik di Lamongan, sambil duduk di bibir pantai dengan menggenggam secangkir kopi.

Lupakan Bali! Lupakan Kuta, Sanur, Pandawa, dan semua pantainya, karena pesisir Jawa Timur pun punya. Sensasi sama, tanpa harus menyeberang pulau. Cukup berkereta, atau bermobil ke Pantura! Cus, menuju ke Sunset Coffee Shop di pesisir pantai Lamongan.

Sunset Coffee Shop ini berada di kawasan hotel berbintang tiga Tanjung Kodok Beach Resort. Sesuai janjinya, di pantai yang menghampar elok di Desa Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, memenuhi syarat keindahan sunset yang didamba: matahari yang bulat, cakrawala yang tegas menyekat biru laut dengan biru langit, angin senja berderai, dan jarak pantai dengan kaki kita duduk, tak sampai 5 meter.

Berada di atas tebing setinggi kurang lebih 10 meter di muka pantai Tanjung Kodok, kopi nikmat yang tinggal dipilih dalam buku menu, bakal menjadi sekutu tepat pada petang yang menawan.

Tanjung Kodok sebenarnya merupakan tempat wisata rakyat masyarakat setempat. Di dalamnya terdapat menara yang tinggi menjulang digunakan sebagai tempat melihat rembulan guna menentukan hari besar umat Islam, macam penentuan awal puasa, hari raya Idul Fitri, hari raya Kurban dan seterusnya.

Kemudian disulap menjadi tempat yang megah nan menawan berbarengan dengan pembangunan wisata ikonik kota ini, yaitu Wisata Bahari Lamongan (WBL), pada sekitar  2004. Kedua tempat wisata ini memang tergolong mewah, khususnya bagi masyarakat setempat. Terlebih jika harus menginap di Tanjung Kodok Beach Resort.

Akan tetapi, tenang saja, tak harus menginap di hotel ataupun bayar uang masuk WBL, jika ingin mengunyah senja di sini. Pengunjung dari luar Lamongan, khususnya para pelancong, maupun musafir, yang melintasi Pantura di Lamongan (area antara Gresik dan Tuban), sengaja berburu kuliner Tanjung Kodok, ditemani panorama pantai Lamongan.

Tak heran jika banyak pengunjung dari luar daerah yang terpikat oleh keindahan tempat ini. Seorang pengunjung dari Jakarta, Tiwi Soedihat, mengaku selalu menyempatkan diri ngopi di Tanjung Kodok, setiap kali datang ke Lamongan.

"Tempatnya asyik dan tenang. Saya bisa nulis sambil ngopi di sini, ditemani pemandangan sunset yang eksotik. Dengan keluarga juga enak di sini, karena menu masakan di sini cita rasanya serius. Maksud saya, taste-nya terjaga. Meski harganya tergolong murah. Tak seperti mahalnya harga senja di Jakarta atau Surabaya. Hahahaha," kata Tiwi.

Pengunjung lainnya, Abid Setiawan seorang pengusaha besi baja asal Situbondo, punya pendapat hampir senada. "Beberapa kali saya mengajak keluarga ke sini, karena pemandangannya bagus. Kita bisa makan di pinggir kolam juga, di bagian bawah. Tapi biasanya saya ke sini hari biasa, karena di sini penuh kalau hari libur,” kata Abid saat berlibur bersama keluarganya di Sunset Coffee Shop di Lamongan.

 

 

*** Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

2 of 3

6 Hal Tanjung Kodok

(Foto: Liputan6.com/Erik Erfinanto)
Sunset Coffee Shop ini berada di kawasan hotel berbintang tiga Tanjung Kodok Beach Resort. Sesuai janjinya, di pantai yang menghampar elok di Desa Paciran Kab Lamongan Jawa Timur

1. Pantai Tanjung Kodok sudah terkenal, sebelum adanya berbagai tempat wisata yang menempati area ini.

2. Pantai yang terkenal sangat bersih dan bebas sampah ini, tergolong pantai berkarang sehingga tak mudah untuk renang, kecuali bagi masyarakat setempat yang mahir berenang.

3. Lokasinya yang tepat di muka Jalan Gresik-Tuban membuat tempat ini mudah dijangkau dari segala penjuru. Jika Anda ingin menempuhnya dari Surabaya, waktu yang dibutuhkan hanya 2,5 jam menggunakan kendaraan pribadi.

4. Bisa dijangkau menggunakan bis Armada Sakti dari Terminal Tambak Osowilangun Surabaya Barat. Anda bisa langsung sampai di pemberhentian terakhir, di Pelabuhan ASDP Paciran. Jaraknya sekitar 700 meter dari lokasi.

5. Jarak Sunset Coffee Shop dengan Wisata Bahari Lamongan (WBL) dan Maharani Zoo dan Goa yang hanya sekira 200 meter. Deket bangat, kan?

6. Hotel bintang tiga Tanjung Kodok Beach Resort adalah yang pertama dan terbesar di Lamongan, Jawa Timur.

 

3 of 3

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓