Wapres JK Bakal Lantik PW DMI Jawa Timur

Oleh Liputan6.com pada 03 Okt 2019, 09:47 WIB
Jusuf Kalla dalam Sidang Majelis Umum PBB di New York (dokumentasi PBB)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK) yang juga Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) akan melantik kepengurusan PW DMI Jatim masa bakti 2019-2024 di Surabaya, Kamis, 3 Oktober 2019.

"Pak Jusuf Kalla sudah konfirmasi akan hadir. Ibu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga demikian. Harapan kami, para menteri di Kabinet Kerja yang pengurus DMI juga bisa hadir," kata Ketua Panitia Pelantikan KH Zahrul Azhar Asumta As'ad di Surabaya, Rabu, 2 Oktober 2019.

Sementara itu, Ketua PW DMI Jatim KH M Roziqi kepada wartawan mengatakan, fokus utama kepengurusan baru, yakni tetap akan memakmurkan masjid dengan melakukan dakwah, pengajian serta memperingati hari-hari besar Islam.

"Tapi yang perlu diperhatikan, yaitu dimakmurkan oleh masjid. DMI bersama takmir masjid akan berupaya keras untuk menjadikan dan membawa jamaah menjadi makmur, baik secara lahir maupun batin," ujar dia.

Oleh karena itu, Roziqi memaparkan, PW DMI Jatim akan mencoba mengelola masjid dengan manajemen yang baik, misalnya punya koperasi, serta kegiatan-kegiatan pos pemberdayaan yang berbasis masjid.

Selain itu, lanjut dia, PW DMI Jawa Timur juga akan mendorong peningkatan zakat maupun wakaf untuk dijadikan modal bergulir bagi jamaah yang perlu mendapatkan perhatian.

"Begitu pula dari sisi lain, misalnya menjadikan masjid sebagai pusat pendidikan, mulai dari RA, TK sampai Aliyah dan seterusnya. Dari masjid inilah akan berkembang pendidikan, kalau bisa sampai ke perguraun tinggi. Sehingga dari masjid akan tumbuh generasi yang islami dan kuat," tuturnya.

2 of 3

Kunjungan Kerja ke Jawa Timur, Wapres JK Kunjungi Ponpes Gontor

JK
Wapres Jusuf Kalla saat memberikan sambutan dalam acara High-Level Dialogue on Indo-Pacific Cooperation (HLD-IPC) di Hotel Fairmont, Jakarta. (Merdeka.com/Yunita Umbar Prihatin)

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla bertolak ke Provinsi Jawa Timur untuk melakukan kunjungan kerja ke Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo dan Islamic Center Surabaya, Kamis, 3 Oktober 2019.

Wapres JK berangkat dengan menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan BAe-RJ 85 dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis pagi pukul 06.00 WIB.

Pesawat BAe-RJ 85 mendarat di Pangkalan Udara Iswahyudi Madiun pukul 07.15 WIB, untuk kemudian berganti menggunakan Helikopter VVIP Super Puma TNI AU menuju Helipad Lapangan Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo, Provinsi Jawa Timur.

Di Gontor, Wapres akan bersilaturahim dengan pimpinan, pengasuh dan santri di Pondok Modern Darussalam Gontor, sekaligus meresmikan Menara Masjid Jam dan Gedung CIES Universitas Darussalam Gontor.

Selanjutnya, seperti dikutip dari Antara, Jusuf Kalla bersama rombongan terbatas menuju ke Surabaya dengan menggunakan helikopter yang sama, untuk melantik Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Jawa Timur.

Turut mendampingi Wapres dalam kunjungan kerja tersebut adalah Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Kepala Sekretariat Wapres Mohamad Oemar dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Usai dari Surabaya, Wapres dijadwalkan kembali ke Jakarta pada Kamis siang

 

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by