VIDEO: Polisi Tangkap Pelaku Pembobolan ATM di Probolinggo

Oleh Agustina Melani pada 03 Okt 2019, 09:00 WIB
Diperbarui 03 Okt 2019, 09:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pelaku pembobolan ATM langsung dibawa ke Mapolres Probolinggo Kota usai diringkus petugas keamanan bank pada Minggu sore. Pelaku digerebek petugas, keamanan bank bersama warga, saat mereka beraksi di ATM yang berada di depon toko komputer, Jalan Ahmad Yani, Kota Probolinggo. Berikut diberitakan pada Liputan6,1 Oktober 2019.

Setelah diinterogasi beberapa saat, pelaku berinisial R ini kemudian dikeler untuk pengembangan kasus. Wajah pelaku nampak babak belur, karena sempat dihajar sejumlah warga. Menurut warga sekitar, ada dua orang yang dicurigai masuk ke dalam ruangan ATM. Dan dibuntuti sejumlah petugas keamanan bank.

Penangkapan pelaku ini, berawal dari kecurigaan pihak ketiga pengelola ATM yang kerap mendapatkan laporan mengenai kerusakan ATM di wilayah Pasuruan, Lumajang dan Probolinggo. Bahkan dalam waktu sehari saja, mereka telah menerima laporan 5 ATM di wilayah Probolinggo mengalami kerusakan.

Berdasarkan rekaman CCTV, kerusakan ATM itu akibat pembobolan oleh 2 orang tak dikenal mengenakan topi. Anggota Polres Probolinggo Kota, langsung melakukan pengejaran, namun hanya berhasil mengamankan sebuah mobil SUV yang digunakan untuk beraksi.

Mobil ditinggal oleh pelaku karena menabrak sebuah pohon di tepi jalan. Saat dilakukan penggeledahan, polisi menemukan sejumlah alat pengungkit, serta beberapa batangan besi yang diduga digunakan pelaku untuk membobol ATM.

"Tertangkap tangan seorang yang diduga membobol ATM BNI di Jalan A. Yani, Probolinggo, kemudian berhasil diamankan satu orang, dugaan pelaku 2 orang masih dalam pengejaran melarikan diri ke arah timur, pelaku yang tertangkap berinisial R warga Provinsi Lampung,” kata AKP Nanang Fensi Santusa, Kasatreskrim Polres Probolinggo Kota.

Polisi kini tengah memburu pelaku lainnya, yang sempat terlihat warga kabur menumpangi sebuah truk ke arah timur jalur Pantura Probolinggo Situbondo.