Intip Anggunnya Wali Kota Surabaya Risma Saat Pakai Hanbok di Korsel

Oleh Agustina Melani pada 02 Okt 2019, 09:00 WIB
(Foto: Dok Pemkot Surabaya)

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) melakukan kunjungan kerja di Korea Selatan (Korsel). Kunjungan Risma ini juga untuk memperingati 25 tahun hubungan sister city Surabaya-Busan Korea Selatan.

Busan terkenal sebagai kota pelabuhan terbesar di Korea Selatan ini telah menjalin hubungan dengan Surabaya sejak 1994.

Dalam kunjungan ke Korea Selatan tersebut, Risma juga mendapatkan anugerah gelar Doktor Honoris Causa di bidang arsitektur dari Universitas Tongmyong, Busan Korea Selatan.

Risma mendapatkan gelar itu karena kontribusi dan inovasi terhadap pembangunan Surabaya, Jawa Timur. Gelar Doktor Honoris Causa ini merupakan kedua kalinya didapatkan dari kampus berbeda. Sebelumnya gelar Doktor Honoris Causa diberikan oleh Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya pada 2015.

Risma pun mengapresiasi kepada rektor dan dan Komite Universitas Tongmyong atas penganugrahan gelar yang disematkan padanya. Selain itu, ucapan terima kasih juga disampaikan untuk warga Surabaya yang sudah bersama-sama dalam mengembangkan kota.

"Bapak ibu yang terhormat, Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia dengan populasi 3,4 juta jiwa, kota ini berperan sebagai pusat pengembangan di Indonesia Timur. Itu  mengapa ruang publik menjadi salah satu prioritas kami,” tutur Risma mengawali sambutannya.

Sementara itu, Rektor Universitas Tongmyong Dr. Jung Hong Sup, mengatakan, Wali Kota Risma adalah seorang birokrat yang berbeda. Setiap pembangunan yang dilakukan, tidak hanya sebatas fisik saja tapi terdapat falsafahnya. 

"Bu Risma sangat mencintai hubungan Busan dengan Surabaya. Tidak hanya itu, pertukaran pelajar dari Kota Surabaya pun sering dilakukan,” kata Jung Hong Sup.

Selain itu, Risma juga didaulat menjadi warga kehormatan Kota Busan. Risma dinilai banyak berkontribusi bagi perkembangan kota Busan.

Pada saat didaulat menjadi warga kehormatan Kota Busan juga ada pemberian piagam warga kehormatan oleh Wali Kota Busan kepada Risma. Saat itu, Risma memakai baju khas Korea Selatan yaitu hanbok. Baju tersebut berwarna orange dengan paduan pink. Risma pun terlihat anggun dan manis saat memakai hanbok.

Hal tersebut mendapatkan respons positif dari warganet. Seperti warganet dengan akun @astriw_92 yang memuji Risma pakai hanbok. Gemess banget bu risma pakai hanbok.

Selain itu, @ivatih menulis kerenn bu risma pakai hanbok. Kemudian ada @recklessmotion_ menulis ya ampun bu risma gemes bgt pakai dress hanbook.

Ingin tahu momen Risma saat didaulat menjadi warga kehormatan Kota Busan. Berikut rangkumannya yang dilansir dari twitter@bangga surabaya

2 of 6

Pemberian Piagam oleh Wali Kota Busan

(Foto: Dok Pemkot Surabaya)
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini didaulat jadi warga kehormatan Kota Busan, Korea Selatan. (Foto: Dok Pemkot Surabaya)

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini didaulat menjadi warga kehormatan Kota Busan. Risma dinilai banyak berkontribusi bagi perkembangan kota Busan.

Pada saat didaulat menjadi warga kehormatan Kota Busan juga ada pemberian piagam warga kehormatan oleh Wali Kota Busan kepada Risma. Pemberian piagam ini bertepatan dengan Sister City Surabaya-Busan yang sudah berlangsung selama 25 tahun. Busan terkenal sebagai kota pelabuhan terbesar di Korea Selatan ini telah menjalin hubungan dengan Surabaya sejak 1994.

Risma pun memakai baju khas Korea Selatan yang disebut hanbok. Baju khas tersebut berwarna orange dengan paduan pink. Risma pun tampak terlihat anggun dan manis saat memakai hanbok tersebut.

3 of 6

Pemberian Cinderamata

(Foto: Dok Pemkot Surabaya)
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini didaulat jadi warga kehormatan Kota Busan, Korea Selatan. (Foto: Dok Pemkot Surabaya)

Tri Rismaharini juga memberikan cinderamata berupa angklung dan meja jati saat pemberian piagam penghargaan warga kehormatan Kota Busan.

4 of 6

Saling Bertukar Cinderamata

(Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini didaulat jadi warga kehormatan Kota Busan, Korea Selatan. (Foto: Dok Pemkot Surabaya)

Masing-masing Wali Kota Surabaya dan Busan bertukar kenang-kenangan berupa lukisan pada saat acara pemberian warga kehormatan kepada Risma

5 of 6

Risma Bermain Angklung

(Foto: Dok Pemkot Surabaya)
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini didaulat jadi warga kehormatan Kota Busan, Korea Selatan. (Foto: Dok Pemkot Surabaya)

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mempersembahkan permainan angklung di depan Wali Kota Busa dan tamu yang hadir.

6 of 6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by