Racikan KopiLot Tambah Stamina Penumpang di Tanjung Perak Surabaya

Oleh Dian Kurniawan pada 01 Okt 2019, 19:30 WIB
Diperbarui 04 Okt 2019, 15:09 WIB
Biji Kopi

Liputan6.com, Surabaya - Bertepatan dengan perayaan Hari Kopi Internasional 1 September 2019, Liputan6.com memburu racikan kopi khas nusantara yang belum pernah dicoba. Alhasil, sampai pada pilihan di kedai kopi KopiLot, di kawasan Gapura Surya Nusantara Tanjung Perak Surabaya.

Pengelola kedai KopiLot, Moch. Ali Topan menyampaikan, kehadiran kedainya yang berlokasi di kawasan terminal penumpang modern Gapura Surya Nusantara Tanjung Perak Surabaya cukup tepat dan strategis.

Banyak penumpang yang datang di sini dari kalangan pemburu kopi racikan khas anak bangsa. Untuk itu, kedai KopiLot hadir untuk memanjakan para penikmat kopi di kawasan terminal pelabuhan penumpang besutan PT Pelindo III (persero) ini.

"Pemburu maupun penikmat kopi Indonesia tidak perlu khawatir bakal kesulitan mencari kopi. Kami telah menyediakan kedai kopi khusus dengan racikan barista profesional dan berpengalaman," tutur Ali, Selasa (1/10/2019).

Selain itu, Ali menyebutkan, kawasan terminal penumpang modern Gapura Surya Nusantara Tanjung Perak Surabaya juga memiliki tempat wisata bahari Surabaya North Quay.

Dari tempat ini, pengunjung bisa menikmati hilir mudik kapal yang datang, sambil menanti matahari tenggelam. Suasana seperti ini cocok buat refreshing keluarga maupun sendirian.

"Selain bisa menikmati cita rasa kopi yang disuguhkan kedai KopiLot Surabaya, penumpang maupun pengunjung bisa penikmat keindahan wisata Surabaya North Quay sambil diiringi musik klasik," ujar dia.

 

2 of 4

Harapan ke Depan

Biji Kopi
Ilustrasi Foto Biji Kopi (iStockphoto)

Ali berharap, kehadiran kedai KopiLot di kawasan terminal penumpang modern Tanjung Perak Surabaya ini bisa mendukung kebutuhan kopi Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Timur.

KopiLot menyasar kalangan menengah ke atas, tak heran jika kedai ini ramai didatangi penikmat dan pemburu kopi Indonesia, nahkoda kapal dan penumpang kapal yang koceknya tergolong tebal.

"Pemburu maupun penikmat kopi asli Indonesia bisa datang langsung dikedai kami dan merasakan langsung citra kopi asli Indonesia yang kami suguhkan. Walaupun bidikan kami adalah kalangan menengah ke atas, tapi harga tetap merakyat," ujar Ali.

Dikonfirmasi terpisah, Taster kopi dunia asal Banyuwangi, Setiawan Suberti menyampaikan, kopi racikan dari Jawa khususnya Banyuwangi sangat terkenal di benua Eropa.

"Orang Eropa kenalnya kopi Java, itu peninggalan orang Belanda yang menyebut kopi Banyuwangi sebagai kopi Java," tuturnya.

Dia menegaskan, minum kopi itu sangat baik dan sehat untuk tubuh, yang membuat bahaya itu sampingannya, seperti gula, susu, gorengan dan sebagainya.

"Yang terpenting jangan minum kopi sachet atau tentengan, karena itu kopi racun, banyak kandungan yang gak jelas, bisa merusak cita rasa kopi racikan," ujarnya.

Dia juga menuturkan, jika ingin mencapai performa tubuh dan otak yang maksimal, usahakan meminum kopi dua jam sebelum beraktivitas.

"Karena berselang dua jam tersebut, kopi akan merangsang perkembangan otak dan tubuh supaya mencapai kondisi yang maksimal," ucapnya.

Sementara itu, dihimpun dari berbagai sumber, ada empat manfaat yang didapatkan dengan mengonsumsi kopi sebelum berolahraga.

 

3 of 4

4 Manfaat Kopi Buat Tubuh

Kopi
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

1. Mengurangi Rasa Sakit

Konsumsi kopi sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh kelelahan dan olahraga. Dengan mengonsumsi 2-3 cangkir sebelum berolahraga intensif, dapat membantu mengurangi rasa sakit saat berolahraga. Secangkir kopi sebelum berolahraga juga memungkinkan otot bekerja dengan efisien.

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Konsumsi kopi sebelum berolahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah kita. Konsumsi kopi juga meningkatkan fungsi oksigen ke jaringan. Hal ini dapat membentuk performa yang lebih baik selama berolahraga.

3. Meningkatkan Memori

Tidak ada kaitannya antara olahraga dan ingatan. Mengonsumsi dua cangkir kopi sebelum berolahraga sangat bermanfaat. Menurut sebuah penelitian, kafein dalam kopi membantu meningkatkan memori hingga 24 jam setelah mengonsumsinya.

4. Berperan Sebagai Bahan Bakar Otot

Menurut sebuah penelitian, konsumsi kafein dan karbohidrat meningkatkan jumlah glikogen dalam tubuh. Glikogen inilah yang bermanfaat untuk olahraga. Glikogen memberikan kekuatan pada tubuh saat kita berolahraga.

 

4 of 4

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓