Sukses

Deretan Tempat yang Wajib Dikunjungi di Surabaya Selatan

Tak harus ke pusat kota untuk berwisata di Kota Pahlawan. Di Surabaya bagian selatan terdapat banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi.

Liputan6.com, Jakarta - Tak harus ke pusat kota untuk berwisata di Kota Surabaya. Setiap wilayah dari Surabaya, mulai dari barat ke timur dan utara ke selatan, memiliki tempat tersendiri yang bisa dikunjungi.

Untuk Surabaya bagian selatan terdiri dari delapan kecamatan yaitu Kecamatan Wonokromo, Kecamatan Wonocolo, Kecamatan Wiyung, Kecamatan Karang Pilang, Kecamatan Jambangan, Kecamatan Gayungan, Kecamatan Dukuh Pakis dan Kecamatan Sawahan. Di sana terdapat banyak hal menarik yang bisa disambangi. 

Bagi Anda yang pecinta hewan hingga penggemar Korea, ada sejumlah dapat jadi pilihan di Surabaya bagian selatan. Di Surabaya bagian selatan, Anda dapat mengunjungi tempat berdirinya kebun binatang yang umurnya sudah lebih dari 100 tahun.

Berikut ini lima tempat yang bisa dikunjungi di Surabaya Selatan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Pecel Ambulan Bu Hana

Pecel adalah salah satu makanan khas Jawa Timur. Salah satu pecel yang bisa dicoba di Surabaya adalah Pecel Ambulan Bu Hana. Pecel ini mulai buka pada malam hari yaitu 23:00 – 04:00 di Jalan Kranggan depan Nomor 21A.

Kedai ini menyediakan 21 macam lauk pauk yang bisa mendampingi pecel, seperti perkedel, telur dadar, tumis usus, cumi, dan ayam bakar. Unsur “Ambulan” dalam nama kedai ini datang dari lampu yang dipasang oleh Ibu Hana, sang pemilik, di kedainya. Lampu itu memiliki bentuk menyerupai ambulan.

2. Kebun Binatang Surabaya

Bagi pecinta binatang, tak ada salahnya menghabiskan waktu libur atau saat punya waktu senggang untuk berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya (KBS). Kebun binatang yang berlokasi di Jalan Setail Nomor 1, Surabaya ini memiliki lebih dari 300 species hewan termasuk hewan langka di Indonesia.

KBS sudah beridiri sejak Agustus 1916. KBS ini dikenal sebagai salah satu kebun binatang terbesar se-Asia Tenggara. Bila ingin berkunjung, KBS buka setiap hari, mulai pukul 08:00 – 16:00. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Taman Bungkul

3. Taman Bungkul

Taman bergaya minimalis dan modern ini terletak di jalur protokol Surabaya dengan luas 900 m2. Taman ini nyaman untuk dijadikan termpat berbagai aktivitas karena telah direvitalisasi dengan konsep sport, pendidikan, dan hiburan. 

Baru-baru ini, Taman Bungkul menjadi salah satu taman favorit untuk dikunjungi berdasarkan riset yang dilakukan Enciety Business Consult pada 2017. Taman ini juga meraih penghargaan The Asian Townscape Award 2013 dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai taman terbaik di Asia pada 2013.

4. Cafe Jalan Korea

Di Surabaya Selatan, tepatnya di Jalan Raya Jemursari, terdapat kafe yang unik, apalagi untuk para penggemar Korea. Tempat makan ini bernama Café Jalan Korea. Di dalam kafe ini, pengunjung akan dikelilingi oleh album-album debut boyband dan girlband asal Korea yang terpajang di dinding. Selain itu, alunan musik asal Korea juga selalu terpasang di kafe ini.

Sudah dipastikan, kafe ini menjual berbagai makanan asal korea. Mulai dari snack hingga makanan berat dapat dicicipi di kafe ini. Café Jalan Korea juga menyediakan fasilitas karaoke bagi pembelinya yang suka bernyanyi. Fasilitas karaoke ini dapat digunakan secara gratis loh! Café Jalan Korea ini mulai buka pukul 11:30 – 22:00. 

5. Surabaya Art Centre

Galeri yang berdiri  di Jalan Mayjen Yono Suwosono, Surabaya, merupakan galeri seni terbesar di Surabaya. Surabaya Art Centre adalah gabungan dari Sembilan galeri nasional dan internasional. 

Karya yang masuk dalam galeri ini melewati seleksi terlebih dahulu dari seniman-seniman. Pengunjung dapat menikmati berbagai macam karya seperti lukisan, patung, instalasi, foto art, video art, dan masih banyak lagi. 

Galeri ini terletak di Jalan Mayjen Yono Suwoyo, Surabaya dan dibuka pukul 10:00-22:00. 

(Kezia Priscilla, mahasiswi UMN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.