Sukses

5 Wisata Sungai Di Jawa Timur yang Instagramable Banget, Cocok Jadi Spot Foto

Sungai indah nan eksotis ini memiliki banyak spot foto.

Liputan6.com, Jakarta Mendekati hari libur panjang, biasanya orang-orang akan mempersiapkan jadwal liburan. Mulai dari tiket keberangkatan hingga pulangnya. Di Jawa Timur selain memiliki wisata pantai dan gunung yang indah, provinsi ini ternyata memiliki beberapa sungai yang indah dan menjadi salah satu pilihan wisata.

Jika kamu bosan dan tak begitu suka ke pantai atau pun gunung, wisata sungai mungkin bisa kamu coba. Wisata sungai di Jawa Timur ini menjadi salah satu pengalaman menarik dalam liburan dan menjadi spot foto.

Memiliki wilayah luas, beberapa wilayah di Jawa Timur seperti Pacitan dan Jombang memiliki sungai yang menawan. Cukup banyak akun wisata yang telah menunjukkan foto-foto menarik yang diambil dari lokasi wisata ini.

Salah satunya adalah Kali Cokel yang berada di Jawa Timur, yang bisa kamu nikmati dengan menaiki kapal yang nantinya akan antarkan kamu menyusuri sungai nan indah ini. Berikut 5 wisata sungai di Jawa Timur yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (29/9/2019)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Wisata Sungai Maron, Pacitan

Sungai Maron adalah salah satu lokasi wisata sungai populer yang berada di Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Darsono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Sungai Maron ini memiliki pemandangan indah di setiap sisi sungainya. Nantinya pun ada salah satu spot untuk berfoto di jalur sungainya.

Wisata ini pun bisa kamu nikmati dengan menaiki kapal kayu. Selain itu Sungai Maron sendiri memiliki julukan Amazon-nya Indonesia.

3 dari 6 halaman

2. Kali Cokel, Pacitan

Sungai Cokel memiliki pemandangan indah yang tak kalah seru dengan Sungai Maron yang terkenal lebih dulu. Keindahan Sungai Cokel ini pun bisa kamu nikmati dengan merogoh kocek sekitar Rp 15 ribu untu menaiki kapal yang nantinya akan antarkan kamu menyusuri sungai.

Sungai Cokel sendiri berada tak jauh dari Sungai Maron yang sama-sama di Kecamatan Pringkuku, Pacitan. Bedanya Sungai Cokel ini berada di Gumuharjo, Watukarang, Pringkuku, Kabupaten Pacitan.

4 dari 6 halaman

3. Sungai Niyama, Tulungagung

Sungai Niyama berada di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Pemandangan yang ada di Sungai Niyama ini pun menjadi salah satu primadona untuk berfoto dengan latar belakang keindahan alam. Nama sungai ini sendiri memiliki arti tersendiri, yaitu berada di antara dua gunung.

Lokasi tepat Sungai Niyama ini berada di Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung. Awalnya sungai ini bukanlah sebuah lokasi wisata, namun karena keindahan alamnya, orang-orang pun berdatangan untuk menikmatinya.

5 dari 6 halaman

4. Sungai Kalipait, Bondowoso

Sungai Kalipait yang berada di Kabupaten Bondowoso menjadi sebuah sungai yang berbeda dari sungai biasanya. Karena sungai ini memiliki dominasi bebatuan alam dan airnya yang tercampur oleh belerang dari Kawah Ijen.

Sungai ini pun tak terlalu banyak memiliki debit air seperti sungai-sungai umumnya. Namun kecantikan dari sungai ini adalah bebatuan alam yang terbentuk di sepanjang sungai yang jadi tempat menarik untuk berfoto.

Lokasi dari Sungai Kalipait ini berada di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso. Untuk menikmati keindahan dari sungai ini bisa kamu dapatkan dengan membayar tiket Rp 3 ribu.

6 dari 6 halaman

5. Kedung Cinet, Jombang

Nama kedung bisa juga diartikan sebagai sungai. Lokasi Kedung Cinet ini berada di Desa Pojok Klitih Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang. Kedung ini pun mendapat julukan Grand Canyon-nya Indonesia.  

Kedung Cinet sendiri adalah sungai yang berada di kawasan tengah hutan, yang sepanjang sisinya ada sebuah batuan kapur yang unik sehingga mendapat julukan Grand Canyon. Kedung Cinet ini pun sering dijadikan sebuah lokasi untuk berfoto karena memiliki latar belakang yang unik.

Awalnya Kedung Cinet ini tidak dibuka untuk umum karena dianggap lokasinya yang membahayakan. Namun setelah adanya kerjasama antara pemerintah dan warga sekitar, kini keindahan Kedung Cinet dapat dinikmati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini