Sukses

Yuk Mengenal Bandara Juanda, Salah Satu Tersibuk di Indonesia

Pesawat yang terbang dan mendarat di Juanda mulai ada yang berbadan besar, sedang, dan kecil, baik untuk penerbangan sipil maupun militer

Liputan6.com, Jakarta - Bandar udara (Bandara) Juanda, Sidoarjo Jawa Timur termasuk dalam kategori yang tersibuk di Indonesia, lantaran di bandara ini setidaknya ada 400 pesawat yang terbang dan mendarat, baik rute domestik maupun internasional.

"Pesawat yang terbang dan mendarat di Juanda mulai ada yang berbadan besar, sedang, dan kecil, baik untuk penerbangan sipil maupun militer," kata General Manager AirNav Cabang Surabaya Yasrul kepada pers di Sidoarjo, Jumat (27/9).

Setiap jamnya, lanjut dia, setidaknya ada 34 yang melintas di bandara terbesar di Jawa Timur tersebut, yaitu 27 merupakan pesawat reguler, dua penerbangan ekstra, dan lima penerbangan militer, dilansir dari Antara.

Untuk menangani lalu lintas penerbangan yang padat tersebut, katanya, Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (AirNav Indonesia) khususnya Cabang Surabaya, telah memiliki tenaga pemandu lalu lintas udara andal yang terus mengawasi trafik pesawat selama 24 jam per hari.

"Kami memiliki 85 personel yang terbagi dalam tiga shift untuk bekerja 24 jam per hari," katanya.

 

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perangkat Pendukug Keselamatan

Untuk mendukung keselamatan dan keamanan penerbangan setiap harinya di Bandara Juanda, AirNav Indonesia telah memasang sejumlah peralatan navigasi modern dan canggih yang digunakan pemandu lalu lintas udara, seperti Advanced Surface Movement Guidance and Control System (ASMGCS) dan Clearance Delivery Unit (CDU).

Alat-alat canggih tersebut, katanya, juga telah banyak digunakan di sejumlah negara lainnya dalam upaya memberikan keselamatan bagi penerbangan serta memudahkan pemandu lalu lintas udara dalam memantau pergerakan pesawat.

Dikatakan, fungsi ASMGCS yang dipasang di menara air traffic control (ATC) untuk mengamati pesawat saat melakukan pergerakan di landas hubung (taxiway) dan landas pacu (runway). Selain itu juga untuk mendeteksi pergerakan pesawat baik menuju atau dari tempat parkir pesawat (apron) yang tidak bisa terlihat secara visul dari menara ATC jika hujan lebat.

"Sebelum ada ASMGCS keberadaan pesawat terbang hanya bisa terlihat pada siang hari saat hujan dan kondisi cuaca yang buruk. Tapi dengan ada alat itu maka pesawat bisa terlihat pada situasi apapun. Alat ini buatan Amerika Serikat yang juga bisa mengetahui posisi pesawat udara dengan akurat," katanya.

Mengenai manfaat CDU, fungsinya memastikan semua pesawat yang akan berangkat telah memiliki rencana penerbangan yang valid serta memperoleh informasi yang relevan terkait kondisi cuaca.

Juga menjamin keselamatan, keteraturan dan kelancaran dalam pemberian pelayanan lalu lintas penerbangan dengan mengurangi kepadatan pesawat di darat, mengurangi keterlambatan penerbangan, hingga data penerbangan menjadi lebih akurat dan terkoreksi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.