Sukses

Kualitas Meningkat, Program Doktoral Teknik Kelautan ITS Raih Akreditasi A

Kepala Program Studi Departemen Teknik Kelautan ITS, Wahyudi menuturkan, tantangan terberat mendapatkan akreditasi adalah pendataan terbaru dalam pangkalan data dan dokumentasi yang perlu disiapkan.

Liputan6.com, Surabaya - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus meningkatkan standarisasi kualitas pendidikannya. Kali ini, dibuktikan dengan diraihnya akreditasi A untuk Program Doktoral (S3) Departemen Teknik Kelautan ITS dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada September 2019.

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) dari BAN-PT nomor 3288/SK/BAN-PT/Akred/D/IX/2019, departemen yang berdiri sejak 1983 dan di bawah Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) ITS ini sudah layak memperoleh akreditasi A. Prestasi tersebut didapat berkat peningkatan kualitas yang dilakukan secara terus-menerus. 

"Sejak tahun 2001 mulai ada pembenahan dokumentasi, pusat data kegiatan, dan prestasi departemen,” ungkap Dr Wahyudi, Kepala Program Studi (Kaprodi) Departemen Teknik Kelautan ITS, Jumat, 27 September 2019.

Wahyudi menuturkan, tantangan terberat mendapatkan akreditasi ini adalah pendataan terpadu dalam pangkalan data dan dokumentasi yang perlu disiapkan. Ada banyak faktor yang menjadi kriteria penilaian suatu prodi. 

Faktor-faktor tersebut meliputi identitas, izin penyelenggaraan, kesesuaian penyelenggaraan program dengan perundang-undangan, sarana prasarana, mutu lulusan, produktivitas, dan sebagainya.

"Program Doktoral Departemen Teknik Kelautan ITS sendiri telah memenuhi syarat yang diberikan dan berhasil memberikan bukti valid kepada tim penilai dari BAN-PT berupa dokumentasi," terangnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fasilitas Fisik dan Infrastruktur

Selaras dengan pernyataan Wahyudi, Kepala Departemen Teknik Kelautan ITS Dr Rudi Walujo Prastianto juga mengakui, sejak akhir tahun 2015 ada banyak perkembangan dan perbaikan, baik fasilitas fisik dan infrastruktur serta aspek akademik lainnya. 

"Contohnya seperti ada pengembangan kurikulum, kapasitas dosen, tenaga pendidik (tendik), mahasiswa, dan jejaring di bidang kelautan,” papar dosen yang akrab di sapa Rudi tersebut. 

Dengan ada akreditasi baru yang dikantongi, pria yang juga alumnus ITS ini berharap, ke depannya Departemen Teknik Kelautan ITS mampu mempertahankan dan meningkatkan kembali prestasinya. "Komitmen untuk terus berbenah semoga selalu ada setiap tahunnya," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.