Sukses

Mahasiswa Unair Sesalkan Sikap BEM SI Tolak Dialog Presiden

BEM Unair mempertanyakan motif Aliansi BEM Seluruh Indonesia (SI) tersebut karena berdialog dengan Jokowi bisa menjadi opsi untuk mempercepat agar tuntutan mahasiswa segera dikabulkan.

Liputan6.com, Jakarta - BEM Universitas Airlangga Surabaya mempertanyakan motif Aliansi BEM Seluruh Indonesia (SI) tersebut karena berdialog dengan Jokowi bisa menjadi opsi untuk mempercepat agar tuntutan mahasiswa segera dikabulkan.

"Kami menyesalkan sikap kawan-kawan BEM SI tersebut. Karena semestinya bertemu dengan Presiden Jokowi bisa membuat kawan-kawan mahasiswa langsung menyampaikan aspirasi secara terperinci, tanpa sekat dan tanpa pihak perantara,” ujar Ketua BEM Unair Agung Tri Putra di Surabaya, Jumat, 27 September 2019.

Agung mengatakan, dengan bertemu Jokowi secara langsung, gerakan mahasiswa bisa memaparkan seluruh aspirasi beserta tuntutannya.

"Gol kawan-kawan mahasiswa se-Indonesia ini sebenarnya sudah jelas, mulai soal pembatalan RKUHP, pengesahan RUU PKS,  tuntutan dikeluarkannya Perppu KPK, penanganan kebakaran hutan, penyelesaian permasalahan di Papua, dan beberapa hal lainnya yang sudah kita suarakan bersama. Terus kalau tidak mau bertemu Jokowi, bagaimana maksudnya? Baru setelah tidak ada hasil seusai dialog dengan Presiden, kita turun lagi dan rapatkan barisan” tegas Agung.

"BEM Unair siap berdialog dengan siapapun  termasuk Presiden, karena dialog adalah ciri insan kampus untuk instrumen kita berdialektika dengan segera mengutarakan tuntutan. Syarat dialog cuma dua, yaitu BEM Unair minta presiden terbuka mendengarkan masukan agenda aksi mahasiswa dan bisa segera ditemukan jalan keluar,” Agung menambahkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gerakan Mahasiswa Harus Tetap Fokus

Alasan menolak dialog dengan Presiden juga dinilai Agung kurang argumentatif. "Kan Jokowi sudah mencoba mengundang berbagai elemen, termasuk para tokoh yang juga menyuarakan hal-hal yang selaras dengan tuntutan mahasiswa," ujarnya.

"Kasihan kami di daerah, kawan-kawan di daerah yang sudah berjuang, eh kawan-kawan BEM SI malah bermanuver tidak mau menyampaikan tuntutan langsung ke Jokowi,” lanjut Agung.

Dia menambahkan, gerakan mahasiswa harus tetap fokus pada tuntutan yang telah disuarakan. Jangan sampai kemudian aksi demonstrasi malah berujung manuver yang tak perlu seperti menolak ajakan dialog oleh Jokowi.

"Kawan-kawan saya harap tetap fokus, dengan tuntutan wujudkan PERPU untuk menganulir UU KPK, RKUHP, segera sahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual, penuntasan masalah Papua dan sebagainya,” ujarnya.

Agung juga berharap aksi mahasiswa dalam “Surabaya Menggugat” pada Kamis, 26 September 2019 bisa menjadi contoh atau model demonstrasi untuk daerah lain yang tetap mengedepankan nilai-nilai publik.

"Di Surabaya ada lebih dari 20.000 massa, tapi tak satu pun taman yang rusak, tak ada bakar-bakar, kebersihan terjaga. Maka kawan-kawan mahasiswa harus merapatkan barisan. Jangan sampai ada kekerasan dan penyusup, karena itu justru akan melemahkan fokus kita memperjuangkan tuntutan,” pungkas Agung.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.