VIDEO: Kebakaran Landa Taman Nasional Bromo Tengger Semeru hingga 30 Hektar

Oleh Agustina Melani pada 27 Sep 2019, 16:30 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Lima personil Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Lumajang kembali diberangkatkan ke kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), untuk membantu proses pemadaman api yang membakar Gunung Semeru.

Personil ini menambah jumlah petugas dan relawan, yang terjun ke lokasi titik api, di kawasan Gunung Semeru. Selain dari pihak TNBTS, juga dari relawan seperti dari Pasrujambe, Tim Advan Ranu Pani,  Porter Paguyuban PKL Ranu Pani dan warga setempat.

Mereka menggunakan peralatan seadanya untuk memadamkan api. Meski sulit dipadamkan, karena kondisi semak dan rumput mengering. Kencangnya angin dan jauhnya sumber mata air, juga membuat petugas kesulitan memadamkan api.

Petugas hanya mampu melakukan pemadaman menggunakan ranting pohon, sehingga tak bisa mematikan api sepenuhnya. Data terakhir dari tim lapangan, luas hutan yang terbakar di Gunung Semeru sekitar 30 hektar lebih, demikian seperti diberitakan Liputan6, Rabu, 25 September 2019.

 

Live Streaming

Powered by