5 Pesona Tempat Wisata Pulau Kangean, Surga Tersembunyi di Madura

Oleh Dyah Mulyaningtyas pada 26 Sep 2019, 08:45 WIB
5 Pesona Pulau Kangean, Surga Tersembunyi di Madura

Liputan6.com, Jakarta Sebagai Negara Kepulauan, Indonesia memiliki sangat banyak pulau-pulau kecil yang tersebar di berbagai daerah. Pulau-pulau kecil tersebut tak jarang memiliki potensi wisata yang mengagumkan. 

Beberapa pulau kecil Indonesia tersebar di Jawa Timur, seperti di Madura yang terdiri dari beberapa pulau. Keindahan Pulau-pulau di Madura tak usah diragukan lagi. Keeksotisan alamnya yang masih asri menjadi daya tarik tersendiri dari pulau-pulau ini, salah satunya Pulau Kangean.

Pulau Kangean adalah salah satu pulau cantik di Madura. Alamnya yang masih terjaga dan jauh dari hingar-bingar perkotaan menjadikan pulau ini sebagai destinasi wisata yang tepat untuk mencari ketenangan.

Pulau Kangean memiliki beberapa spot wisata yang menarik. Bahkan juga terdapat pulau kecil lainnya yang dapat kamu jelajahi di sekelilingnya karena pulau Kangean terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil.

Jika kamu berkunjung ke Madura, Pulau kangean menjadi destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi. Alamnya yang masih asri sangat tepat untuk melepas penat terhadap rutinitas sehari-hari.

Berikut beberapa destinasi memesona pulau Kangean yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (26/9/2019).

2 of 6

1. Pemandian Celgung

Berada di Desa Pabian, objek wisata yang satu ini sudah dikenal sebagai objek wisata andalan masyarakat Pulau Kangean. Keunggulan Pemandian Celgung adalah adanya mata air alami dari bawah tanah yang biasa disebut Air Somber.

Tak hanya itu, kamu juga dapat menyaksikan fenomena unik ketika air laut sedang pasang. Perpaduan mata air Somber dengan air laut tidak bisa menyatu dan disebut mirip dengan fenomena air laut di kawasan Timur Tengah.

3 of 6

2. Pantai Batu Guluk

Pantai Batu Guluk
Pantai Batu Guluk (Sumber: Wikipedia)

Pantai Batu Guluk merupakan salah satu pantai yang berada di Desa Bilis-bilis, Kecamatan Arjasa, Pulau Kangean. Pantai ini juga terletak tidak jauh dari Pelabuhan Batu Guluk yang merupakan pelabuhan utama menuju ke Pulau Madura melalui Pelabuhan Kalianget.

Wisata pantai ini sangat menarik dengan menghadirkan pasir berwarna putih, di mana adanya bukit di pantai ini untuk menyaksikan pemandangan pantai yang sangat menakjubkan, dengan air laut yang masih jernih.

4 of 6

3. Goa Kuning

Goa Kuning
Goa Kuning (Sumber: sumenepkab.go.id)

Goa Kuning merupakan goa buatan yang menyimpan sejarah karena termasuk tempat persembunyian warga ketika masa penjajahan Belanda. Di bagian dalam goa masih tersimpan perabotan rumah tangga yang terbuat dari batu. Di area goa juga terdapat tempat yang dulu digunakan untuk bersemedi.

Warna bebatuan yang dominan kuning membuat nuansa goa tampak menawan. Goa Kuning Berada di Dusun Nyamplong Undung, Desa Kalikatak, Arjasa, Kangean.

5 of 6

4. Pulau Saebus

Ilustrasi Snorkeling
Ilustrasi Snorkeling

Masih satu bagian dari Pulau Kangean, Pemandangan di sekitar Pulau Saebus akan membuat kamu terpukau. Pasir putih dan airnya yang berwarna biru sangat memanjakan mata.

Jika kamu ingin mencoba snorkeling, di sekitar pantai juga telah tersedia alat snorkeling untuk disewakan. Beberapa fasilitas seperti penginapan dan alat transportasi sudah cukup terjamin di kawasan ini.

6 of 6

5. Pulau Paliat

Satu lagi bagian Pulau Kangean yang tidak boleh dilewatkan adalah Pulau Paliat. Pulau yang satu ini secara administratif berada di Kepulauan Sumenep dan berada di sebelah timur Kangean. Pulau Paliat saat ini belum populer sebagai tempat wisata di kawasan Pulau Kangean.

Namun, keindahan pulau yang satu ini tak kalah dari lokasi lainnya di wilayah Kangean. Pulau Paliat wajib dikunjungi karena masih asri dan menyuguhkan panorama khas pantai yang indah.

Lanjutkan Membaca ↓