VIDEO: Bekas Sumur Minyak Tua Peninggalan Belanda Keluarkan Semburan Lumpur

VIDEO: Bekas Sumur Minyak Tua Peninggalan Belanda Keluarkan Semburan Lumpur

Warga Desa Sekarkurung, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, dikagetkan dengan ada semburan lumpur, bercampur gas, yang tiba-tiba muncul di sebuah lahan penyimpanan besi tua.

Beruntung lokasi semburan berada di kawasan lahan kosong dan jauh dari pemukiman sehingga tidak membahayakan warga. Semburan lumpur bercampur gas, tiba-tiba muncul di lokasi yang sekarang digunakan sebagai tempat alat berat dan besi tua, di Desa Sekar Kurung, Kecamatan Kebomas Gresik, Jawa Timur.

Dari celah lubang terdengar suara bergemuruh dari dalam tanah, disertai semburan lumpur, bercampur aroma gas. Warga sekitar dan pemilik lahan langsung menghubungi polisi dan pihak terkait. Nanang zamroni, pemilik lahan mengatakan, semburan lumpur tiba tiba muncul di belakang rumahnya pada pagi hari.

Lokasi dulunya adalah bekas sumur minyak tua peninggalan zaman Belanda, dan sudah tidak diaktifkan lagi. Bahkan lubang sumur telah ditimbun selama berpuluh puluh tahun dan di cor beton.

Pihak pemilik tidak menyangka jika semburan lumpur bercampur gas ini kembali muncul. Sekitar 23 tahun yang lalu, sumur minyak tua ini juga pernah meledak dan mengeluarkan lumpur serta gas.

Diketahui, di Desa Sekarkurung, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, terdapat puluhan bekas titik sumur minyak tua peninggalan Belanda. Bahkan pada 2009, salah satu sumur minyak tua, tersebut juga sempat terbakar.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 24 September 2019, 06:59 WIB

Video Terkait

Spotlights