VIDEO: Menikmati Lezatnya Sate To'ot Khas Pesisir Pantai Utara Situbondo

VIDEO: Menikmati Lezatnya Sate To'ot Khas Pesisir Pantai Utara Situbondo

Diolah dari lutut ayam, sate ini dijamin akan menciptakan sensasi keunikan rasa tersendiri. Menikmati sate ini semakin sempurna, dengan suguhan indahnya panorama Laut Utara Jawa, berikut simak videonya pada Liputan6, Rabu, 18 September 2019.

Berjalan-jalan ke pesisir Pantai Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Situbondo, Jawa Timur Anda akan menemui kuliner khas yang dijual di pinggiran pantai. Sate To'ot namanya. Berasal dari Bahasa Madura, to'ot berati lutut ayam. Ya, sate ini memang diolah dari bahan dasar lutut ayam, yang memiliki tekstur kenyal.

Proses pengolahan sate to'ot sendiri tak jauh beda dengan sate ayam biasa. Satu yang membedakan adalah prosesnya, karena butuh waktu pembakaran, sedikit lebih lama lantaran to'ot terdiri dari potongan tulang muda.

Setelah sekitar 10 menit dibakar di atas arang, sate to'ot pun siap disantap dengan campuran bumbu kacang, kecap, sambal, dan lontong bungkus daun pisang.

Tekstur lutut ayam yang gurih dan kenyal, menciptakan sensasi keunikan rasa tersendiri. Maka tak heran, jika sebagian pembeli akhirnya ketagihan, meski awalnya hanya sebatas penasaran ingin mencobanya.

Dengan harga cukup terjangkau, yakni Rp. 15.000 per porsi, pedagang bisa menghabiskan hingga 500 tusuk sate to'ot per hari.

Bagi pembeli, menikmati sate to'ot juga semakin terasa sempurna, dengan suguhan indahnya panorama Laut Utara Pulau Jawa. Anda tak ingin mencobanya?

Ringkasan

Oleh Didi N pada 20 September 2019, 01:00 WIB

Video Terkait

Spotlights