10 Kuliner Sedap Khas Surabaya, Rawon Kalkulator Sampai Nasi Goreng Jancuk

Oleh Liputan Enam pada 20 Sep 2019, 08:00 WIB
Sate Klopo Ondomohen

Liputan6.com, Surabaya Tersohor dengan aneka kulinernya yang menggugah selera adalah satu ciri dari Surabaya, Jawa Timur. Entah kuliner yang memiliki cita rasa manis, pedas, berkuah, ataupun yang segar-segar.

Satu di antara yang banyak disukai oleh masyarakat Surabaya dan sekitarnya ialah rawon. Ya, rawon adalah sajian berkuah hitam pekat yang terdiri dari potongan-potongan daging sapi, tauge, bawang goreng, telur asin, sambal, dan kerupuk udang.

Namun, tahukah Anda bahwa masih terdapat sajian khas Surabaya lainnya yang tak kalah dengan itu? Bahkan, makanan khas Surabaya yang akan dibahas setelah ini tak pernah sepi oleh pembeli.

Berbagai warung atau kedai makanan Surabaya pula banyak yang sudah berusia hingga puluhan tahun. Nah, di sini dapat terlihat eksistensi kuliner khas kota tersebut. Melansir dari instagram @surabayaforwalk dan berbagai sumber, Liputan6.com merangkum 10 kuliner sedap khas Surabaya:

1) Rawon Kalkulator

Nama sajian itu terdengar unik, yaitu ‘rawon kalkulator’. Dinamakan demikian, karena kasir yang ada diwarung tersebut mampu menghitung harga makanan dengan cepat, bahkan sampai di luar kepala tanpa menggunakan kalkulator.

Warung rawon yang berada di sentra pedagang kaki lima Taman Bungkul, Wonokromo, Surabaya sudah berdiri sejak sekitar 30 tahun yang lalu. Hidangan rawon kalkulator pun telah populer di kalangan pecinta kuliner Surabaya.

2) Sate Kelapa Ondomohen

Makanan sate kelapa ondomohen ini cukup terkenal di Surabaya. Kata ‘ondomohen’ itu sendiri diambil dari nama jalan yang warung sate ini berada pada zaman dahulu.

Jika ingin menikmati sate di sini, Anda dapat mengunjunginya di Jalan Walikota Mustajab, Nomor 36, Surabaya, Jawa Timur. Untuk jam bukanya, ialah dari siang hingga malam hari.

3) Soto Ayam Lamongan Cak Har

Kedai Cak Har terkenal akan sajian soto Lamongannya. Ciri khas dari soto di sini, yakni kuahnya yang gurih dan kental dari bubuk koyanya. Pengunjung dapat dengan puas untuk menambahkan bubuk koyanya jika dirasa kurang.

Tempat makan Soto Cak Har buka setiap hari dari pukul 08.00-22.00 WIB. Pengunjung bisa mendatanginya di Jalan Ir. Haji Soekarno, Nomor 220, Surabaya.

 

2 of 4

Lontong Balap Garuda

wisata kuliner surabaya
Lontong Balap Garuda Pak Gendut (sumber: Youtube/jalan & jalan)

4) Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Lontong balap merupakan makanan yang terdiri dari irisan lontong, tauge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal. Biasanya lontong balap disajikan bersama beberapa tusuk sate kerang.

Salah satu lontong balap yang tersohor adalah lontong balap garuda Pak Gendut. Lontong balap tersebut sudah ada sejak 1958, dimulai dari warung kaki lima, kini lontong balap Pak Gendut telah memiliki beberapa cabang. Berlokasi di Jalan Prof. Dr. Moestopo, Nomor 11, Surabaya.

5) Bebek Purnama

Kuliner bebek purnama mempunyai ciri khas yang membedakan dengan sajian bebek lainnya. Ciri dari bebek purnama yaitu perpaduan antara serundeng dan bumbu kuningnya.

Selain itu, makanan bebek purnama bisa dihidangkan bersama sambal merah yang pedas. Kedai bebek purnama tersebut berada di Jalan Dinoyo, Nomor 4, Surabaya dan buka mulai pukul 15.00-23.00 WIB.

6) Warung Bu Kris

Warung tersebut pertama kali dibuka di Surabaya pada 1995. Awalnya, warung Bu Kris hanya menjual ayam dan tempe penyet. Seiring dengan perkembangan zaman, disediakanlah menu-menu lainnya, seperti empal dan bakwan penyet.

Warung Bu Kris berada di Ruko Villa Bukit Mas Blok RO, Nomor 1, Jalan Abdul Wahab Siamin dan buka mulai pukul 10.00-22.00 WIB. 

7) Rujak Cingur Ahmad Jais

Rujak cingur Ahmad Jais dikenal juga dengan sebutan rujak cingur Peneleh. Rujak cingur tersebut juga merupakan salah satu yang ternama di kotanya.

Kedai rujak cingur itu terletak di Jalan Ahmad Jais, Nomor 40, Surabaya. Tempat rujak cingur Ahmad Jais buka dari pukul 11.00-17.00 WIB.

 

3 of 4

Nasi Goreng Jancuk

wisata kuliner surabaya
Nasi Goreng Jancuk (sumber: foursquare)

8) Nasi Goreng Jancuk

Nasi goreng Jancuk dapat ditemui di tiga tempat, antara lain Foodcourt Royal Plaza, Lantai 3, dan Foodcourt Surabaya Plaza, Lantai 4. Hidangan nasi goreng Jancuk terkenal akan sensasi rasa pedasnya.

Di tempat makan ini tersedia berbagai variasi nasi goreng, seperti nasgorita, mbulet cuk, dan ndang cuk. Nasi goreng Jancuk buka setiap hari, tetapi sesuai dengan jam operasional mall tersebut.

9) Depot Bu Rudy

Masakan pedas merupakan sesuatu yang telah identik dengan makanan Jawa Timur, khususnya Surabaya. Depot Bu Rudy memiliki sajian yang terkenal, yakni menu sambal Bu Rudy.

Sambal tersebut mempunyai cita rasa pedas yang khas dengan paduan rasa udang. Selain miliki produk sambal rasa udangnya, Bu Rudy juga memiliki sambal dengan varian rasa lain, seperti sambal bajak dan sambal bawang. Kesamaannya tentu rasa sambal yang dijamin pedas.

10) Sego Sambel Wonokromo Mak Yeye

Tempat makan Mak Yeye tak pernah sepi pengunjung, sampai-sampai pembeli di sini selalu mengantre panjang. Menu andalan yang tidak boleh dilewatkan oleh tamunya, yaitu hidangan nasi hangat dengan lauk iwak pe atau ikan pari yang dibaluri sambal merah yang pedas.

Sego Sambel Mak Yeye buka pukul 22.00-04.00 WIB. Anda bisa menyambanginya di Jalan Jagir, Wonokromo Wetan, Nomor 12, Surabaya.

Sudahkah terbayangkan ingin menikmati sajian khas Surabaya yang mana?

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara)

4 of 4

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by