VIDEO: TNI AL Gadungan Tipu Pengusaha Rental Alat Musik di Surabaya

Oleh Agustina Melani pada 18 Sep 2019, 17:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pecatan Dinas Perhubungan Laut, dibekuk, Satreskrim Polrestabes Surabaya, karena menipu pengusaha rental alat musik. Modusnya, tersangka mengaku perwira TNI AL berpangkat Letkol, dan meminjam alat musik berikut sound system-nya. Oleh pelaku, semua alat itu dijual kepada seorang penadah, dengan harga puluhan juta rupiah.

WJ, warga Teluk Kumai Surabaya ini, harus berurusan dengan Satreskrim Polrestabes Surabaya. Pria pecatan Dinas Perhubungan Laut itu, diringkus polisi, karena menipu dan menggelapkan alat musik, serta perangkat sound system, sehingga korban mengalami kerugiaan hingga Rp 97 juta.

Untuk memuluskan aksinya, pelaku mengaku anggota TNI Angkatan Laut. Tak tanggung-tanggung, pelaku juga mengenakan pakaian seragam TNI AL dengan pangkat Perwira Menengah, yakni Kolonel. Demikian seperti yang tayang pada program Fokus, Senin, 16 September 2019.

Awalnya, pelaku berpura-pura menyewa keyboard dan sound system. Namun, oleh pelaku alat musik dan sound system sewaan tersebut, dijual kepada seorang penadah yang berdomisili di Bandung, Jawa Barat. Kepada polisi, tersangka mengaku hasil kejahatan itu digunakan untuk berfoya-foya.

Dari pengungkapan kasus ini, Satreskrim Polrestabes Surabaya, menyita sejumlah barang bukti mulai seragam, uang, hp dan bukti penyewaan alat. Kini, pelaku harus mendekam di jeruji Mapolrestabes Surabaya, untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.