5 Wisata Hutan di Surabaya yang Sejuk dan Memanjakan Mata

Oleh Dyah Mulyaningtyas pada 18 Sep 2019, 09:20 WIB
5 Wisata Hutan di Surabaya yang Sejuk dan Memanjakan Mata

Liputan6.com, Jakarta Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia, dengan populasi penduduk sekitar 3 juta orang. Selain itu, Surabaya juga telah menjadi pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan di Indonesia.

Kota yang berjulukan kota Pahlawan ini juga memiliki segudang tempat wisata yang menarik untuk didatangi seperti wisata kulinernya. Tak hanya wisata kuliner, terdapat beberapa wisata alam di Surabaya.

Mungkin, kota ini tak sesejuk Bandung atau pun Bogor. Namun, ada beberapa wisata alam di Surabaya yang bisa kamu nikmati, salah satunya wisata hutan.

Kamu bisa mencoba berkunjung ke wisata hutan untuk melepas penat dan berfoto ria dengan pemandangan yang menakjubkan. Berikut wisata hutan di Surabaya yang dirangkum Liputan6.com dari berabagai sumber, Rabu (18/9/2019).

2 of 6

1. Hutan Pakal Surabaya

Hutan Pakal Surabaya
Hutan Pakal, Surabaya, Jawa Timur (Foto:Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Bagi yang sedang berlibur ke Surabaya, dan ingin mencari hawa sejuk, kamu bisa mampir sejenak di Hutan Kota Pakal di daerah Sidorejo, Pakal, Surabaya.

Hutan ini memiliki suasana asri dengan dipenuhi berbagai pohon seperti Cemara Udang, Ketepeng, Sawo Kecik, Trembesi, Mahoni, Akasia, Bakau, dan Waru Laut.

Hutan Pakal mempunyai lahan seluas 6 hektar dan berfungsi seperti paru-paru yang memberikan udara segar untuk masyarakat.

Tak hanya itu, di hutan Pakal juga terdapat tambak - tambak ikan dan bibit ikan yang dikembangkan yaitu bandeng, udang, dan ikan mas. Selain itu terdapat juga ternak warga dan kebun urban farming serta danau berbentuk kupu-kupu yang indah.

3 of 6

2. Hutan Kota Balas Klumprik

Hutan Kota Balas Klumprik
Hutan Kota Balas Klumprik (Sumber: surabaya.go.id)

Hutan Kota Balas Klumprik berada di Kelurahan Balas Klumprik, Kecamatan Wiyung, Surabaya. Untuk mengunjungi Hutan ini pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat dan tersedia fasilitas parkir yang cukup luas.

Di pintu masuk Hutan Kota Balas Klumprik pengunjung dapat memakai berbagai macam fasilitas permainan anak yang aman. Tak hanya itu, pengunjung akan di suguhi rindangnya pepohonan.

Beraneka ragam pohon yang di tanam di hutan kota ini merupakan sumbangan dari instansi atau perusahaan yang turut serta ingin menghijaukan kota Surabaya.

4 of 6

3. Hutan Mangrove Gunung Anyar

Hutan Mangrove Gunung Anyar
Hutan Mangrove Gunung Anyar (Sumber: surabaya.go.id)

Pemandangan alam serba hijau di wisata Hutan Mangrove Gunung Anyar dapat memanjakan mata. Kamu akan betah berlama-lama disini karena hutan ini memiliki udara yang sejuk. Hutan Mangrove Gunung Anyar sedang dikembangkan menjadi tempat wisata layaknya Hutan Mangrove Wonorejo.

Kamu juga bisa berjalan-jalan menyusuri jembatan kayu sambil berfoto. Selain berjalan-jalan, kamu dapat menyewa perahu nelayan untuk berkeliling lokasi ini. Pengunjung akan diajak menyusuri hutan, dari muara hingga menuju lautan lepas, pasti sangat menyenangkan.

5 of 6

4. Hutan Bambu Keputih

Hutan Bambu Keputih
Hutan Bambu Keputih, Surabaya, Jawa Timur. (merdlicious/Instagram)

Hutan Bambu Keputih merupakan hutan bambu ala Jepang yang berada di daerah Keputih, Surabaya. Hutan bambu ini dulunya adalah Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Namun untuk menambah lahan terbuka hijau di Surabaya, lahan ini pun dijadikan sebuah hutan bambu.

Selain hutan bambu, di sini terdapat Taman Harmoni Surabaya yang punya beberapa fasilitas seperti tempat bermain anak. Untuk mengunjungi hutan ini, kamu bisa berangkat dari kampus ITS yang hanya berjarak sekitar 5 menit dari Hutan Bambu Keputih.

6 of 6

5. Hutan Mangrove Wonorejo

Hutan Mangrove Wonorejo
Hutan Mangrove Wonorejo adalah wisata alam terbaik di Surabaya (Foto: indoturs.com)

Hutan Mangrove Wonorejo merupakan salah satu kawasan Hutan Mangrove di Indonesia yang bisa dikunjungi untuk melepaskan penat di Jawa Timur. Hutan ini dapat memanjakan pengunjung dengan pemandangan asri tanaman bakau dan suasana pesisir yang menarik.

Adanya hutan mangrove merupakan salah satu tanda bahwa alam di Surabaya masih alami, khususnya di daerah pesisir. Bagi kamu yang ingin menikmati liburan di akhir pekan atau liburan panjang, tentunya kawasan wisata yang satu ini bisa dijadikan alternatif destinasi wisata.

Lanjutkan Membaca ↓