VIDEO: Gelombang Protes Revisi RUU KPK di Surabaya dan Jember

Oleh Agustina Melani pada 18 Sep 2019, 14:36 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Gelombang protes revisi RUU KPK, terus dilakukan di Jawa Timur. Di Surabaya, aksi penolakan revisi RUU KPK di Gedung DPRD Jatim, berlangsung ricuh.

Mahasiswa terlibat saling dorong dengan polisi, karena tidak diizinkan masuk gedung dewan. Sementara di Jember, ratusan aktivis Anti Korupsi turun ke jalan memprotes revisi RUU KPK, dengan membawa keranda dan boneka pocong.

Kericuhan ini terjadi saat ratusan mahasiswa Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, PMII, berusaha masuk ke area Gedung DPRD Jatim, di Jalan Indrapura Surabaya. Mereka terlibat aksi saling dorong dengan pihak Kepolisian, hingga pintu gerbang DPRD nyaris roboh.

Mahasiswa ini menolak revisi RUU KPK, dan kenaikan iuran BPJS. Revisi RUU KPK dinilai akan memberikan peluang untuk anggota DPRD yang melakukan korupsi. Sementara kenaikan iuran BPJS akan semakin memberatkan masyarakat miskin.

Sementara di Jember, ratusan aktivis Anti Korupsi, turun jalan mendemo revisi RUU KPK. Mereka memprotes sejumlah poin dalam RUU lembaga anti rasuah itu, karena dinilai akan semakin melemahkan KPK sebagai lembaga independen. Long march pengunjukrasa ini akhirnya berakhir di Bundaran DPRD Jember, dan aksi dilanjutkan dengan orasi secara bergantian.

Massa aksi ini juga melakukan teatrikal tabur bunga pada keranda, sebagai simbol, matinya pemberantasan korupsi di Tanah Air. Aksi unjuk rasa sendiri berlangsung tertib di bawah penjagaan puluhan anggota Kepolisian Resor Jember, demikian seperti yang tayang pada Liputan6, Selasa, 17 September 2019.