VIDEO: Mesin Inovatif Pemilah dan Pencacah Sampah Karya Siswa SMK di Sidoarjo

Oleh Agustina Melani pada 17 Sep 2019, 22:31 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Prihatin dengan banyaknya sampah yang terus diproduksi setiap hari, pelajar SMK YPM 8, Sidoarjo berhasil membuat karya kreatif mesin otomasi industri, yang bisa mensortir, sekaligus mencacah sampah.

Prototipe teknologi ini rencananya dipatenkan, agar bisa lebih berdaya manfaat di masyarakat, berikut tayangan videonya pada Liputan6, Senin 16 September 2019.

Prototipe mesin otomasi industri yang berfungsi mensortir dan mencacah sampah ini dibuat oleh sejumlah pelajar SMK YPM 8, Sidoarjo. Teknologi dari mesin ini, bisa memilah sampah mana yang mengandung logam atau tidak, atau sampah itu plastik atau non-plastik. Pemilahan sampah ini menggunakan alat sensor sesuai kebutuhan, yang bisa mensortir sampah. Barang yang disortir kemudian akan bergerak sesuai dengan perintah sensor yang dipasang.

Mesin karya inovatif ini menghabiskan biaya produksi sekitar Rp 10 juta. Nilai tersebut jauh lebih murah dibandingkan membeli mesin produksi di pasaran yang terbilang mahal.

Diharapkan mesin sortir ciptaan pelajar SMK ini, nantinya bisa dimanfaatkan lebih luas lagi, sekaligus menanggulangi permasalahan sampah. Rencananya, pihak sekolah juga  mematenkan teknologi tepat guna ini, agar nantinya bisa diproduksi secara massal.