VIDEO: Mahasiswa Antusias Ikuti Coaching Clinic Jurnalis Televisi di Surabaya

Oleh Agustina Melani pada 17 Sep 2019, 14:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia, IJTI, Koordinator Daerah Surabaya menggelar kegiatan Coaching Clinic Jurnalistik Televisi, di Gedung Siola Surabaya.

Puluhan peserta yang sebagian besar generasi milenial, mengaku lebih memahami jurnalistik televisi, karena materi yang disampaikan relevan dengan perkembangan zaman, dan teknologi saat ini.

Sebanyak 70 peserta kalangan mahasiswa maupun umum dari berbagai daerah di Jawa Timur, antusias mengikuti kegiatan Coaching Clinic atau Pelatihan Jurnalis.

Pasalnya, selain mendapat ilmu tentang jurnalis televisi, mereka juga mendapatkan pengalaman baru dan merasakan sebagai jurnalis televisi, dengan praktik pengambilan gambar dan membuat naskah berita TV.

Materi disampaikan dalam tiga sesi. Sesi pertama, tentang pengenalan jurnalistik televisi, sejarah dan perkembangan Televisi Indonesia, serta pengenalan televisi sebagai media massa, yang disampaikan oleh Fajar Arifiyanto, mantan Wartawan Indosiar, sekaligus mantan Komisioner KPI Pusat.

Sesi kedua, teknik reportase, serta penulisan naskah berita televisi, yang disampaikan oleh Imam Syafi’i, Mantan Direktur Pemberitaan TV Swasta Daerah. Kemudian sesi terakhir, teknik pengambilan gambar dan editing, yang disampaikan oleh Lillyanto, Kabiro TV Swasta Daerah.

Sejak awal penyampaian materi hingga akhir, para peserta mengikuti dengan antusias. Karena, selain mendapat pengetahuan tentang bagaimana memproduksi tayangan jurnalis televisi. Mereka bisa langsung praktik seperti mengambil gambar dan membuat naskah.

“Pengalaman baru yang banyak didapat, terutama untuk penulisan sama pembuatan video,” kata Reni Vitrianingsih, salah seorang peserta seperti dilansir pada Liputan6, 1

Sementara itu Falentinus Hartayan, selaku Panitia Penyelenggara menyampaikan,” Kita ingin memberikan bekal kepada masyarakat untuk bisa mengetahui apa itu jurnalis televisi, serta bagaimana proses yang dilakukan oleh penyiar televisi.”

Kegiatan Coaching Clinic Jurnalistik Televisi ini merupakan rangkaian dari peringatan HUT Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia, IJTI ke-21, dan sekaligus pengukuhan pengurus IJTI Korda Surabaya, pada 2019.