VIDEO: Nikmati Sensasi Berkuda di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Oleh Agustina Melani pada 17 Sep 2019, 02:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda penggemar wisata gunung, tentu tak asing dengan Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Nah, kali ini ada yang menarik di lokasi wisata lereng Semeru-Lumajang, Jawa Timur, yakni wisata berkuda.

Dengan ojek kuda ini, pengunjung bisa santai menikmati sejumlah spot wisata, tanpa perlu susah berjalan kaki. Ingin tahu keseruannya? Mari kita simak tayangan pada video Liputan6 yang diunggah pada 14 September 2019.

Danau Ranu Pani, di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Lumajang, memang ramai pengunjung baik dari berbagai daerah di Indonesia maupun manca negara. Medan yang cukup berat menuju lokasi, menjadi tantangan tersendiri.

Selain istirahat sebelum melakukan pendakian ke puncak gunung api tertinggi di Pulau Jawa, disini juga ada beberapa spot wisata alam yang menawan seperti Danau Ranu Pani dan Ranu Regulo. Namun, ada yang berbeda, di kawasan perkampungan Suku Tengger, di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Lumajang. Sesekali ada kuda yang datang untuk menawarkan jasa ojek kuda, kepada para wisawatan.

Hanya dengan Rp 200 ribu, pengunjung akan diantar ke beberapa lokasi wisata alam di Gunung Semeru, seperti keliling perkampungan Suku Tengger, keliling ke Danau Ranu Pani maupun Danau Ranu Regulo.

Menikmati indahnya Gunung Semeru sambil merasakan sensasi berkuda, mendapat tanggapan positif dari para wisawatan. Selain mendapatkan sensasi berkuda, para wisawatan juga dapat menikmati beberapa spot lokasi wisata alam tanpa harus berjalan kaki.

"Senang, sambil melihat pemandangan yang bagus dan tidak capek berjalan kaki,” ungkap Ine Sofia, salah seorang wisatawan asal Jakarta.

Ojek kuda Semeru ini merupakan inisiatif dari pengelola Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, untuk memberikan tambahan wahana pada wisawatan. Meski tak setiap hari ada, namun ojek kuda ini juga akan menambah penghasilan bagi warga yang tinggal di kawasan Gunung Semeru.