5 Fakta Menarik Tugu Parasamya Purnakarya Nugraha, Titik Nol Kilometer Surabaya

Oleh Dyah Mulyaningtyas pada 16 Sep 2019, 19:30 WIB
Fakta menarik Tugu Parasamya Surabaya, Penanda Titik Nol Kilometer Surabaya

Liputan6.com, Jakarta Di penghujung 2018 lalu, Surabaya memiliki tugu baru yang diresmikan oleh Soekarwo, Gubernur Jawa Timur saat itu. Tugu bernama Tugu Parasamya Purnakarya Nugraha merupakan penghargaan untuk provinsi Jawa Timur atas keberhasilan pembangunan. 

Tugu yang dibangun di Jalan Pahlawan ini menjadi simbol pencapaian Jawa Timur yang telah berhasil meraih penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha sebanyak tiga kali, yakni pada tahun 1974, 2014, dan 2017.

Provinsi Jawa Timur mendapat penghargaan terbanyak dalam sejarah di antara provinsi-provinsi lainnya di Indonesia.

Selain itu, tugu ini juga sebagai penanda titik nol kilometer. Jika sebelumnya titik nol kilometer Surabaya hanya ditandai dengan simbol tugu kecil, kini penanda itu lebih megah.

Penasaran seperti apa menariknya Tugu Parasamya Purnakarya Nugraha? Berikut fakta-fakta menarik Tugu Parasamya Purnakarya Nugraha Surabaya yang dirangkum Liputan6.com dari berabagai sumber, (16/0/2019).

2 of 6

1. Pembuatan tugu melibatkan seniman pembuat Garuda Wisnu Kencana Bali

Pembuatan tugu melibatkan seniman pembuat Garuda Wisnu Kencana Bali
Tugu Parasamya (Sumber: surabaya.go.id)

Tugu Parasamya Purnakarya Nugraha digarap oleh seniman asal Bali, I Nyoman Nuarta. Sebelumnyaa ia berhasil menyelesaikan Garuda Wisnu Kencana Bali. Tugu ini dibangun dalam waktu yang singkat, yakni hanya 2,5 bulan saja.

3 of 6

2. Bentuk Tugu yang menggabungkan budaya dan tradisi di Jawa Timur

Bentuk Tugu yang menggabungkan budaya dan tradisi di Jawa Timur
Tugu Parasamya (Sumber: surabaya.go.id)

Tugu Parasamya Purnakarya Nugraha memiliki tinggi kurang lebih 5 meter dan panjang 10 meter, dengan bahan baku berupa tembaga Kuningan dan stainless steel.

Keunikan dari tugu ini adalah menampilkan berbagai macam kesenian Jawa Timur yakni patung reog Ponorogo, jatil, penari remo, penari gandrung, hingga kesenian karapan sapi.

Maka, dengan hadirnya tugu Parasamya Purnakarya Nugraha diharapkan bisa menjadi alternatif untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada generasi selanjutnya.

4 of 6

3. Sebagai spot foto warga Surabaya

Sebagai spot foto warga Surabaya
Tugu Parasamya (Sumber: surabaya.go.id)

Sejak diresmikan, tugu Parasamya Purnakarya Nugraha ini menjadi tempat menarik untuk spot foto instagramable warga Surabaya.

Saat mengunjungi tugu ini di malam hari, kamu akan disuguhkan dengan tampilan luar biasa cantik dengan sorotan lampu keemasan. Tak hanya itu, banyak kalangan remaja menghabiskan malam di lokasi tersebut, termasuk para keluarga di sekitar Surabaya.

5 of 6

4. Penanda Titik Nol Kilometer Surabaya

Penanda Titik Nol Kilometer Surabaya
Tugu Parasamya (Sumber: surabaya.go.id)

Sebelumnya Surabaya memiliki titik nol kilometer yang hanya ditandai dengan simbol tugu kecil, kini penanda tersebut lebih megah. Titik nol kota Surabaya ini ditandai dengan Tugu Parasamya Purnakarya Nugraha yang telah diresmikan oleh Pakdhe Karwo pada akhir tahun 2018.

Tugu tersebut dibangun sebagai bentuk apresiasi keberhasilan pemerintah provinsi Jawa Timur pada 178 aspek pembangunan sebagai simbol prestasi Gubernur Jawa Timur Soekarwo selama dua periode.

6 of 6

5. Tidak semua kota bisa dibangun Tugu Parasamya

Tidak sembarang kota bisa dibangun Tugu Parasamya
Tugu Parasamya (Sumber: surabaya.go.id)

Tidak semua kota bisa dibangun Tugu Parasamya ata tugu spesial lainnya. Tugu Parasamya dalah sebuah tanda penghargaan yang diberikan kepada Provinsi yang menunjukkan hasil karya tertinggi pelaksanaan pembangunan selama lima tahun dalam rangka meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat.

Penyerahan penghargaan untuk daerah provinsi tersebut diberikan oleh Presiden Republik Indonesia di ibu kota provinsi yang bersangkutan.

Lanjutkan Membaca ↓