Bupati Anas Ingin Pemkab Banyuwangi Jadi yang Pertama Pakai Mobil Listrik

Oleh Dian Kurniawan pada 16 Sep 2019, 13:31 WIB
(Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Liputan6.com, Banyuwangi - Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas berkesempatan menjajal motor listrik di ajang Banyuwangi Savana Duathlon yang digelar di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi, Jawa Timur pada Minggu, 15 September 2019.

Konvoi mengendarai motor listrik dimulai dari pintu Rowobendo menuju Pancur pintu finish Banyuwangi Savana Duathlon. Banyuwangi Savana Duathlon adalah kegiatanolahraga yang menggabungkan Berlari dan Bersepeda. 

Kegiatan Sport Tourism pertama di Banyuwangi yang diawali perlombaan dengan berlari sejauh 6,4 KM. Kemudian dilanjutkan dengan bersepeda sejauh 27 KM dan berlari kembali menuju finish dengan jarak 6,4 KM. 

Savana Duathlon digelar di tempat yang istimewa yakni Taman Nasional Alas Purwo. Taman ini berstatus sebagai Geopark Nasional dan Cagar Biosfir Dunia.

Anas memimpin konvoi bersepeda diikuti rombongan yang lain. Anas prediksi, perkembangan motor atau mobil listrik kedepan akan tumbuh seiring dengan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Progam Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle). 

"Saat ini era motor listrik atau mobil listrik akan semakin tumbuh, maka saya akan meminta Pemkab untuk mulai melakukan pengadaan motor atau mobil listrik sehingga bisa hemat energi, ramah lingkungan. Kalau bisa Pemkab Banyuwangi akan menjadi yang pertama untuk mobil dinas Bupati dan Wakil Bupati menggunakan mobil listrik,” tutur Anas.

2 of 3

Keberadaan SPLU

(Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Bupati Abdullah Azwar Anas memimpin konvoi bersepeda diikuti rombongan lain dalam acara Banyuwangi Savana Duathlon. (Foto:Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Manajer PLN UP3 Banyuwangi Krisantus H Setyawan mengapresiasi kepada Pemerintah Kabupaten (pemkab) Banyuwangi yang telah melibatkan PLN UP3 Banyuwangi dalam Banyuwangi Savana Duathlon.

Apalagi memberikan kesempatan khusus untuk mensosialisasikan Electrifying Lifestyle ini dengan beragam pameran electric vehicle seperti nineboat, kickscooter dan kendaraan listrik. 

"Acara ini kita namakan Electrifying Lifestyle, sebagai wujud komitmen PLN dalam mendukung program Pemkab menuju ramah lingkungan, dalam waktu dekat akan tersedia SPLU (Stasiun Penyedia Listrik Umum) di Alas Purwo in,” kata Krisantus.

Saat ini, telah terpasang 16 titik Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) yang tersebar di seluruh Banyuwangi, antara lain di agrowisata, Pantai Cacalan, Pantai Mustika, Djawatan, Bangsring Underwater, Kampung Primitif, Pantai Cemara dan Taman Blambangan. 

Keberadaan SPLU tersebut merupakan bentuk kesiapan PLN terhadap era Battery Electric Vehicle yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia tahun ini. SPLU adalah fasilitas yang bisa digunakan untuk mengisi daya baterai kendaraan listrik yang memiliki daya antara 450 Watt-5500 Watt.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓