VIDEO: Bendungan Sampean Baru, Wisata Musim Kemarau di Bondowoso

Oleh Agustina Melani pada 15 Sep 2019, 15:00 WIB
Diperbarui 15 Sep 2019, 15:26 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Musim kemarau mengubah wajah sebuah Bendungan di Bondowoso, Jawa Timur, menjadi obyek wisata eksotis yang layak untuk didatangi.

Berkurangnya debit air, membuat seluruh konstruksi bendungan jelas terlihat, sampai ke bagian dasarnya. Tak hanya kokoh, keindahan arsitektur bendungan ini tak kalah dengan dam di Eropa.

Sore hari di musim kemarau, adalah waktu paling ideal untuk berkunjung ke Bendungan Sampean Baru, di Desa Bunotan, Kecamatan Tapen, Bondowoso. Keindahan bendungan ini memang sudah terlihat dari jalan masuk. Dari pintu utama, pengunjung bisa leluasa melihat kubangan air mirip telaga, yang dikepung deretan pegunungan lereng Argopuro.

Koloni burung yang terbang di atas pepohonan, juga menjadi pesona tersendiri, namun jika belum puas, pengunjung bisa berjalan menuruni jalan setapak menuju bibir bendungan.

Ya…, berkurangnya debit air akibat kemarau panjang, justru menampakkan wajah asli bendungan ini. Seluruh konstruksi bendungan, mulai dari pintu air hingga ke bagian dasar, bisa terlihat dengan jelas. Tak hanya kokoh dan eksotis, keindahan arsitektur bendungan di pelosok kota tape ini bahkan tak ubahnya mirip dam di belahan Eropa. Sehingga saat kemarau tiba banyak pengunjung yang datang untuk sekedar memanjakan mata, ataupun berburu foto.

Dibangun pada 1979, Bendungan Sampean Baru memakan waktu pengerjaan selama empat tahun, dan hingga kini masih handal menjadi denyut nadi irigasi pertanian wilayah Bondowoso, demikian diberitakan pada program Fokus, 13 September 2019.