Sukses

5 Danau Cantik di Jalur Pendakian Gunung Semeru, Bak Serpihan Surga

Keindahan danau Gunung Semeru yang menjadi daya tarik pendaki.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal Gunung Semeru? Gunung Semeru menjadi salah satu tujuan favorit para pendaki. Tak hanya menjadi favorit pendaki lokal saja, Gunung Semeru juga terkenal di luar negeri.

Gunung Semeru semakin terkenal sejak jadi lokasi syuting film 5 Cm. Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini memang memiliki banyak pesona. Gunung Semeru memiliki ketinggian mencapai 3.576 mdpl dan dinobatkan sebagai gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci dan Rinjani.

Banyak para pendaki yang ingin mencoba menaklukkan Gunung Semeru karena memiliki panorama alam yang menakjubkan. Oro-oro ombo dan Ranu Kumbolo adalah dua spot yang paling populer di Semeru.

Tapi selain dua spot tersebut ternyata ada sisi lain keindahan Gunung Semeru yang menjadi daya tarik pendaki. Salah satunya danau-danau indah yang tersebar di gunung ini.

Danau-danau cantik ini selalu berhasil menyihir para pendaki karena keindahannya. Layaknya serpihan surga, kecantikan danau di Gunung Semeru dianggap bisa membuat siapa saja menjadi tenang. Berikut 5 danau di Gunung Semeru yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (14/9/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Ranu Kumbolo

Siapa yang tak kenal spot cantik Ranu Kumbolo? Danau cantik yang berada di ketinggian 2.389 mdpl ini merupakan ikon Gunung Semeru. Ranu Kumbolo berada di jalur pendakian menuju puncak Mahameru, tepatnya setelah pos keempat. Luas ikon Gunung Semeru ini mencapai 15 hektare.

Biasanya para pendaki akan singgah dan bermalam di danau yang sangat menawan ini. Selain bersantai-santai, kamu bisa menyaksikan kemegahan matahari terbit yang muncul dari balik bukit.

3 dari 6 halaman

2. Ranu Regulo

Selain Ranu Kumbolo, ada juga danau cantik lain yaitu Ranu Regulo. Ranu Regulo juga merupakan salah satu danau ikonik di Gunung Semeru. Danau ini masih terletak di Kecamatan Senduro dengan ketinggian mencapai 2.100 mdpl. Letaknya tak begitu jauh dari Ranu Pani.

Ranu Regulo memiliki luasnya hampir mirip Ranu Pani, yakni sekitar 0,75 hektare. Danau yang menawan ini bisa jadikan alternatif tempat berkemah sebelum atau setelah pendakian dari Gunung Semeru.

4 dari 6 halaman

3. Ranu Pani

Selain 2 danau di atas, aja juga si cantik Ranu Pani. Ranu Pani berlokasi di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Ranu Pani sendiri merupakan salah satu desa tertinggi di Indonesia.

Ranu Pani merupakan gerbang masuk pendakian Gunung Semeru. Di sinilah tempat untuk mendaftar sebelum melakukan aktivitas pendakian. Danau cantik ini merupakan danau vulkanik dengan luas sekitar 1 hektare.

5 dari 6 halaman

4. Ranu Darungan

Ranu Darungan berada di ketinggian 830 mdpl dengan luas 0,25 hektar. Ranu ini dikelilingi tebing, hutan yang menjadi rumah satwa-satwa liar. Ranu Darungan disebut juga Linggo Rekisi karena memang dikelilingi oleh banyak pohon Rekisi.

Selain indah, danau ini juga memiliki nilai sejarah karena merupakan peninggalan orang Belanda yang dulunya mengelola situs ini untuk kepentingan konservasi anggrek dan tanaman obat.

6 dari 6 halaman

5. Ranu Kuning

Ranu Kuning sangat jarang, bahkan hampir tidak pernah terdengar di telinga para pendaki. Ranu Kuning diketahui adalah danau yang terbentuk dari air hujan dan mirip dengan Ranu Pani.

Ranu ini terletaknya tidak jauh dari Kalimati. Danau indah ini jarang terdengar karena terletak di jaluk pendakian yang sulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini