Sukses

Saat Warganet Malaysia Bahas Kinerja Wali Kota Surabaya Risma

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma) menjadi bahan pembicaraan warganet Malaysia di twitter.

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma) menjadi bahan pembicaraan warganet Malaysia di twitter. Lewat akun twitter @datukhensem, warganet Malaysia ini menyampaikan sejumlah kinerja Risma selama memimpin Surabaya, Jawa Timur.

Ia menulis soal Risma tersebut di akun twitternya pada Kamis 12 September 2019. @datukhensem menulis mengenai bagaimana Risma mentransformasi Surabaya.

"Kalau Tri Rismaharini jadi next Presiden Indonesia selepas Jokowi, game overlah negara-negara Asean lain. Tengoklah how dia transform Surabya. Dahlah garang nak mati," tulis dia yang dikutip Sabtu (14/9/2019).

Cuitan @datukhensem tersebut di-retweet sebanyak 21,4 rb kali dan mendapatkan komentar 356 hingga artikel ini dibuat.

Akun @datukhensem ini menulis, kalau sekarang Surabaya bersih dan teratur. Hal ini dilihat perbandingan kondisi Surabaya sebelum dan setelah Risma menjadi wali kota.

"Sapa yang pernah pegi Surabaya sebelum Risma jadi Mayor, then selepas dia jadi Mayor jauh gila beza. Surabaya now bersih and teratur,” tulis dia.

Warganet Malaysia ini menyebutkan sejumlah terobosan yang dilakukan Risma antara lain saat menangani sampah dengan menggunakan limbah sampah menjadi listrik. Selain itu, Risma disebutkan telah mengenalkan naik bus bayar pakai sampah.

"Risma ni lah yang introduce naik bas bayar guna sampah,” tulis dia.

Surabaya juga memiliki command centre sendiri yaitu 112. Selain itu, @datukhensem menulis kalau Risma sosok tegas dan menjalani pekejaan dengan baik.

"Walaupun dia ni kuat marah, tapi dia kerja jalan. Sebab tu tahun 2015 dia dapat anugerah Datuk Bandar nomor tiga terbaik dunia dari The City Mayors Foundation," tulis dia.

Ia juga mengunggah Bunga Tabebuya yang menghiasi kota Surabaya. “This some pictures of Surabaya. Cantik and bersihkan. Bunga-bunga dia rasa macam kat Jepun pe,"

Ia juga mengunggah mengenai tempat-tempat menarik yang dapat dikunjungi ketika berada di Surabaya, Jawa Timur. Sejumlah gambar yang diunggah antara lain museum de javasche bank, hutan keputih.

Akun @datukhensen ini pun menulis kalau Risma merupakan perempuan pertama yang dipilih menjadi Wali Kota Surabaya.

“Datuk Bandar di Indonesia dipilih melalui pilihan raya. Risma merupakan wanita pertama dipilih sebagai datuk bandar Surabaya,” tulis dia.

Selain itu, warganet Malaysia ini menyebutkan kalau Risma telah membangun  327 taman baru di Surabaya. Akun @datukhensem ini pun mengunggah sejumlah video yang viral ketika Risma marah saat berpidato. Tak hanya itu, saat Risma juga melakukan kunjungan kerja.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.