VIDEO: Tips Pelihara Anjing Pitbull dari Komunitas di Sidoarjo

Oleh Agustina Melani pada 13 Sep 2019, 13:24 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Meninggalnya seorang asisten rumah tangga di Jakarta akibat gigitan anjing sangat disayangkan terutama bagi para pecinta anjing.

Pemilik anjing pitbull di Sidoarjo misalnya. Mereka menduga kejadian akibat kelalaian pemilik anjing. Pemeliharaan baik dan mengenalkan anjing peliharaan ke lingkungan sekitar, anjing itu bisa jadi sahabat banyak orang tak terkecuali anjing galak pitbull. Yang dimiliki komunitas pecintang anjing pitbull di Sidoarjo, Jawa Timur.

Salah satunya Roxy, anjing pitbull milik Yeremia. Selama lima tahun memiliki anjing ras jenis petarung kerap mengajak keliling komplek di sekitar tempat tinggalnya sehingga banyak warga terbiasa dengan kehadirannya.

Awalnya warga megaku merasa takut dengan hal yang tak diinginkan. Dengan sejalan waktu, warga telah terbiasa dengan kehadirannya hingga bisa membantu keamanan di pemukiman warga.

"Ia ikut karakter warganya, bonding diajak jalan dan diajak main. Lebih mendekat dengan majikan, lebih kepada mengenalkan area sekitar, tidak dibiarkan di luar rumah tanpa pengawasan. Saat di luar rumah, majikan atau pemilik harus bermain dengan anjing-anjingnya dan warga di luar rumah," ujar pemilik anjing Yeremia, seperti ditayangkan dalam program Fokus pada, Jumat 6 September 2019.

Sementara itu, salah satu warga mengatakan, awalnya belum terbiasa dengan kehadiran anjing pitbull. Akan tetapi, kini sudah terbiasa dan kehadiran anjing itu dapat membantu jaga keamanan.

"Awal takut tapi sudah biasa. Merasa terbantu bisa jaga rumah. Bantu lingkungan," tutur salah satu warga, Yulian Putra.

Para pemilik anjing agar lebih memperhatikan anjing, mengajak main ke luar, sehingga perilaku anjing bisa lebih tenang.