VIDEO: Harga Tomat di Magetan Anjlok, Petani Biarkan Membusuk di Lahan

Oleh Agustina Melani pada 12 Sep 2019, 14:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Anjloknya harga tomat, membuat sebagian petani di Magetan, Jawa Timur, membiarkan tanamannya terbengkalai. Sebagian buah tomat lainnya bahkan, digunakan sebagai pakan ternak. Saat ini, harga tomat di tingkat petani, hanya Rp 400-Rp 500 per kg.

Putus asa, begitulah yang dirasakan petani tomat di Magetan. Khususnya di Desa Bedagung, Kecamatan Panekan. Karena biaya bertani buah tomat, yang dikeluarkan oleh petani tidak seimbang, dengan hasil panen yang mereka harapkan akan beruntung. Kondisi sehingga membuat sebagian petani menjadikan buah tomat untuk pakan ternak.

Selain untuk pakan ternak sapi, buah tomat juga digunakan untuk pakan kambing. Sebagian lainnya, dibiarkan membusuk di pohon. Saat ini, harga tomat ditingkat petani hanya Rp 400-Rp 500 per kg. Padahal sebelumnya, bisa mencapai Rp 5.000-6.000 per kilogram.

Sebelum dijadikan pakan ternak, buah tomat direbus dahulu. Anjloknya harga tomat, tidak hanya dirasakan petani di Desa Bedagung, Kecamatan Panekan. Akan tetapi, juga dirasakan petani tomat di Desa Getasanyar, Kecamatan Sidorejo.

Para petani buah tomat berharap agar pihak terkait bisa segera menstabilkan harga tomat, sehingga kerugian petani tidak semakin besar, demikian diberitakan Fokus, 10 September 2019.